visitaaponce.com

DKPP Gelar Sidang Aduan Dugaan Asusila Ketua KPU RI Pekan Depan

DKPP Gelar Sidang Aduan Dugaan Asusila Ketua KPU RI Pekan Depan
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (kiri)(MI/Usman Iskandar)

KUASA hukum korban dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP) terkait asusila yang dilakukan oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengaku telah menerima informasi mengenai jadwal sidang perdana dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Menurut kuasa hukum korban dari Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH-FHUI), Maria Dianita, sidang itu digelar pekan depan. Diketahui, korban merupakan perempuan petugas panitia pemilihan luar negeri (PPLN) yang identitasnya masih dirahasiakan.

"Kami telah mendapat informasi resmi bahwa aduan klien kami telah diregistrasi dengan Perkara Nomor 90-PKE-DKPP/V/2024," kata Maria lewat keterangan tertulis, Rabu (15/5).

Baca juga : Akhir Mei, DKPP Sidangkan Dugaan Kasus Asusila Ketua KPU

"Dan dijadwalkan pada hari Rabu, 22 Mei 2024, Pukul 09.00 WIB nanti di Ruang Sidang Utama DKPP," sambungnya.

Saat dikonfirmasi terpisah, Ketua DKPP Heddy Lugito membenarkan jadwal sidang tersebut. Sebelumnya, Heddy mengatakan bahwa pengadu meminta agar rangkaian sidang digelar secara tertutup. Permintaan itu pun diamini oleh pihaknya.

"Kalau tidak diminta pun memang hukum acara DKPP juga mewajibkan perkara-perkara yang dugaan asusila itu dilakukan persidangan tertutup," kata Heddy.

Melalui kuasa hukumnya, korban mengadukan dugaan asusila yang dilakukan Hasyim ke DKPP pada Kamis (18/4) lalu. Menurut kuasa hukum korban lainnya, Aristo Pangaribuan, hubungan korban dengan Hasyim sudah dijalin sejak Agustus 2023 saat Hasyim melakukan dinas ke luar negeri.

Kuasa hukum korban menekankan bahwa dugaan asusila itu terjadi karena adanya relasi kuasa antara Hasyim selaku Ketua KPU RI dan korban yang merupakan petugas PPLN selama penyelenggaraan Pemilu 2024. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat