visitaaponce.com

Rektor Unair Yakin Keputusan Pembatalan Kenaikan UKT Dijalankan Para Rektor PTN

Rektor Unair Yakin Keputusan Pembatalan Kenaikan UKT Dijalankan Para Rektor PTN
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR RI(ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

REKTOR Universitas Airlangga (Unair) Mohammad Nasih meyakini para rektor di perguruan tinggi negeri (PTN) akan sejalan dengan keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim perihal pembatalan kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) 2024. Eks ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2022–2023 itu menyampaikan, khususnya pada perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH), UKT ditetapkan dengan SK Rektor. Karena itu, pembatalannya pun mesti dengan SK Rektor.

"Saya kira para rektor akan melaksanakan apa-apa yang menjadi kebijakan mas menteri (Nadiem). Tentu dengan membuat SK Rektor tentang UKT yang baru yang bisa saja sama dengan UKT tahun-tahun sebelumnya," ujar Nasih kepada Media Indonesia, Senin (27/5).

Menurutnya, secara prinsip tidak ada masalah dengan UKT tahun-tahun sebelumnya. Termasuk jika Permendikbud Ristek Nomor 2 tahun 2024 yang menjadi dasar dan pertimbangan UKT baru itu dicabut.

Baca juga : BEM Unsoed Kawal Pembatalan UKT sampai Ada Aturan Resmi, tak Sekadar Pernyataan

"Di Unair insya Allah tidak ada masalah (dengan pembatalan kenaikan UKT) dan siap 100%," tegas Nasih.

Seperti diberitakan, Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan keputusan pembatalan kenaikan UKT setelah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5). Hal itu untuk menindaklanjuti masukan masyarakat terkait implementasi UKT tahun ajaran 2024/2025 dan sejumlah koordinasi dengan perguruan tinggi negeri (PTN), termasuk PTN berbadan hukum (PTN-BH).

"Kemendikbud Ristek pada akhir pekan lalu telah berkoordinasi kembali dengan para pemimpin perguruan tinggi guna membahas pembatalan kenaikan UKT dan Alhamdulillah semua lancar. Dalam waktu dekat Kemendikbud Ristek akan merevaluasi ajuan UKT dari seluruh PTN," kata Nadiem. (Ifa/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat