visitaaponce.com

Ide Kreatif di Bulan Ramadan, Berpahala dan Tetap Produktif

Ide Kreatif di Bulan Ramadan, Berpahala dan Tetap Produktif
Santri membaca Al-Qur'an di Pondok Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/3/2023).(Antara/Yudi.)

MENJELANG Ramadan, ada begitu banyak jenis acara dan kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkan bulan penuh berkah tersebut. Kegiatan Ramadan kreatif yang menarik dapat dilakukan berupa membuat karya seni dan lain sebagainya. 

Lantas apa saja ide kreatif di bulan Ramadan yang bisa Anda lakukan saat puasa? Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Membuat kartu ucapan Ramadan

Membuat kartu ucapan Ramadan 1444 H menjadi salah satu kegiatan Ramadan kreatif yang dapat dengan mudah dilakukan. Selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan ini mendekatkan orangtua dan anak atau teman-teman.

Baca juga: Keistimewaan Lailatul Qadar Malam 1.000 Bulan 

Momen-momen kecil ini akan mengingatkan anak atas kenangan hangat bersama orangtua. Selain itu, jika pembuatan kartu ucapan Ramadhan 1444 H dilaksanakan bersama teman, keakraban pun akan semakin mudah muncul.

Menghafal Al-Qur'an 

Mengahafal Al-Qur'an selain mengisi waktu luang juga merupakan kegiatan yang dapat menambah pahala. Keutamaan lain yakni Allah SWT melipatgandakan pahala ibadah di bulan Ramadan.

Menjadi relawan masjid

Masjid yang menjadi tempat utama beribadah umat Islam harus selalu dijaga kebersihannya agar kegiatan salat lebih khusyuk. Selain mengandalkan marbot yang biasa bertugas, Anda juga bisa ikut menjadi relawan membersihkan masjid sebagai ide kreatif di bulan Ramadan.

Baca juga: Kumpulan Surat Pendek yang Mudah Dihafal 

Jika khawatir kelelahan, kegiatan positif ini bisa dilakukan beberapa hari sebelum puasa seperti membantu mencuci mukena, memvakum sajadah, sampai membersihkan kipas angin. Dengan penuh keikhlasan, insyaallah kegiatan menjadi relawan masjid akan menyejukkan hati dan menenangkan pikiran Anda.

Mengajar ngaji

Ide kreatif di bulan Ramadan satu ini sangat cocok dilakukan bersama anak-anak untuk menambah ilmu agama mereka. 
Bisa dilakukan di rumah, Anda dapat mengundang teman-teman sekolah Anak dan mengajak mereka untuk belajar membaca Al-Qur'an atau melakukan permainan menyenangkan seputar cerita nabi.

Kegiatan belajar bersama ini akan menarik minat anak dan memberikan pengalaman puasa yang seru. Akhiri acara mengaji dengan berbuka puasa bersama-sama.

Membuat konten Ramadan

Mengabadikan momen puasa bisa jadi ide kreatif di bulan Ramadan yang menyenangkan. Anda bisa memanfaatkan waktu luang membuat berbagai konten menarik seperti berbagi resep takjil, cerita lucu saat puasa, sampai vlog Ramadan di rumah kakek nenek.

Abadikan setiap momen berharga dan bagikan konten tersebut melalui media sosial untuk menghibur orang lain. Siapa tahu Anda bisa menjadi content creator dan mendapatkan penghasilan tambahan dari video-video yang dibuat.

Pesantren kilat

Pesantren kilat adalah kegiatan Ramadan kreatif di sekolah yang sudah sering diselenggarakan di sekolah-sekolah Indonesia. Pada dasarnya, pesantren kilat merupakan kegiatan di sekolah yang dapat diikuti oleh seluruh siswa untuk menghidupkan nilai-nilai keagamaan selama bulan Ramadan.

Biasanya, kegiatan ini hanya berlangsung selama 1-2 minggu pertama bulan Ramadan saja. Meski begitu, manfaat yang dapat diberikan dari kegiatan ini sangatlah besar. Dengan mendaftarkan anak ke kegiatan ini, orangtua bisa lebih mudah untuk mengajarkan kepada anak-anaknya mengenai makna puasa.

Membangunkan sahur (sahur on the road)

Kegiatan menyenangkan lain yang bisa dilakukan anak-anak bersama dengan teman-temannya selama bulan Ramadan adalah membangunkan sahur atau sahur on the road. Bahkan, dari semua kegiatan yang telah kami sebutkan, kegiatan ini adalah yang paling ditunggu-tunggu banyak orang.

Hal ini terjadi karena kegiatan sahur on the road bisa dilakukan beramai-ramai dan dengan menggunakan alat-alat yang unik untuk membangunkan orang-orang sahur. Maka dari itu, ada banyak anak kecil di Indonesia yang tertarik untuk melakukan kegiatan ini selama bulan Ramadan.

Bagi-bagi takjil

Anak-anak harus diajarkan tentang makna berbagi sejak sedini mungkin. Salah satu kegiatan Ramadan ini bisa dimanfaatkan oleh para orangtua untuk mengajarkan tentang makna berbagi kepada anak-anaknya.

Pada dasarnya, mengisi hari-hari di bulan Ramadan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat adalah wajib hukumnya.
Maka dari itu, orangtua harus mengajak anak-anaknya untuk membiasakan diri melakukan kegiatan-kegiatan yang positif selama bulan Ramadan ini.

Pada saat waktu berbuka mulai dekat, orangtua ataupun guru bisa mengajak anak-anaknya untuk berbagi takjil ke orang-orang yang membutuhkannya. Biasanya, kegiatan ini sering dilakukan di pinggir jalan raya, agar orang-orang yang masih berada dalam perjalanan bisa berbuka dengan makanan yang layak.

Membuat minuman berbuka puasa yang sederhana

Agar anak-anak lebih merasa bersemangat untuk menunaikan ibadah puasanya tersebut, orangtua bisa mengajak anaknya untuk membuat minuman berbuka puasa yang sederhana. Dengan begitu, rasa lapar dan haus yang dirasakan oleh sang anak bisa teralihkan ke kegiatan yang lebih positif.

Selain itu, kegiatan ini juga bisa mengajarkan kepada anak-anak untuk lebih berhemat selama bulan Ramadan. Sebab, membuat minuman berbuka sendiri di rumah dapat lebih hemat jika dibandingkan dengan membelinya di tempat lain.

Melakukan kegiatan bersih-bersih rumah

Kegiatan Ramadan kreatif di rumah ini bisa dilakukan oleh para orangtua untuk mengajarkan kepada anak-anaknya, agar selalu menjaga kebersihan yang ada di lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini juga bisa membuat anak-anak lebih merasa bersemangat untuk menunggu buka puasa.

Dengan begitu, perasaan bosan yang sedang dirasakannya tersebut perlahan bisa menghilang dan anak-anak bisa berhasil menjalankan puasanya hingga buka puasa di waktu yang tepat. Dengan melihat informasi yang ada di artikel ini, orang-orang jadi bisa tahu bahwa sebenarnya ada banyak kegiatan Ramadan kreatif yang bisa dilakukan bersama dengan anak-anaknya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat