visitaaponce.com

Empat Amalan untuk Raih Kemuliaan di Malam Lailatul Qadar

Empat Amalan untuk Raih Kemuliaan di Malam Lailatul Qadar
Seorang jamaah membaca Al Quran saat melakukan I'tikaf atau berdiam diri di dalam masjid.(Antara Foto/Eric Ireng)

Lailatul Qadar merupakan malam yang dinanti oleh kaum muslim untuk mendapatkan kemuliaan Allah SWT. Karenanya, setiap umat muslim perlu memperbanyak ibadah menjelang akhir bulan Ramadan.

Dalam hadist riwayat Muslim Ibdu Majah, Khuzimah dan Ahmad, dikatakan bahwa Rasulullah saw meningkatkan kesungguhan (ibadahnya) di sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), hal yang tidak beliau lakukan pada (hari) lainya.

Wakil Sekretaris PWNU Jawa Tengah dan Pengasuh Pesantren Ar-Rais Cendikia Kota Semarang Rofiq Mahfuz menyatakan, Lailatul Qadar tidak hanya memiliki keistimewaan lebih utama dari seribu bulan, tetapi juga memiliki kemuliaan karena Al-Qur’an turun pada malam tersebut.

Baca juga: Waktu Lailatul Qadar, Ciri-Cirinya, Tanda Orang yang Memperolehnya

Diturunkannya Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar menjadi momentum untuk kembali merenungi penciptaan manusia yang sebenarnya dan pembebasan dari kezaliman yang terjadi sebelum Al-Qur’an diturunkan.

"Kita sebagai seorang hamba sudah seharusnya mencari bekal untuk kehidupan di akhirat kelak, sehingga memperbanyak ibadah di malam mulia ini sangat dianjurkan untuk menunjukan sikap kehambaan kita dengan memperbanyak ibadah. Setidaknya ada empat amalan agar dapat meraih keistimewaan malam mulia tersebut," kata dia.

Baca juga: Ini Doa Malam Lailatul Qadar dan 5 Amalan Terbaik

Pertama, mendirikan shalat sunnah dengan istiqomah terutama shalat sunnah yang dianjurkan seperti shalat tahajud dan salat tasbih dengan berjamaah. Shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari yaitu dalam waktu antara setelah shalat isya dan subuh memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah kesempatan terkabulnya doa. oleh karena itu amalan shalat sunnah mala mini sangat dianjurkan untuk dilakukan menjelang akhir bulan Ramadhan.

Kedua, perbanyaklah berdzikir kepada Allah swt dan berdoa untuk meminta ampunan. Amalan ini bisa mengantarkan kita untuk meraih keutamaan malam Lailatul Qadar, karena berdzikir adalah perintah dari Allah swt yang difirmankan dalam surat Al-A’raf ayat 205.

"Ketiga, amalan yang dianjurkan untuk meraih keutamaan Lailatul Qadar adalah melakukan i’tikaf di masjid. I’tikaf berarti berdiam diri di masjid dengan niat tertentu," ungkapnya.

Keempat, bersedekahlah dengan ikhlas. Umat Islam sangat dianjurkan untuk saling membantu sesama muslim oleh karena itu dianjurkan bersedekah. Terutama bersedekah di sepuluh hari terakhir bulan penuh berkah ini sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw.

Menjelang akhir Ramadan, masyarakat biasanya semakin banyak yang melakukan i'tikaf atau berzikir di masjid semalaman guna meraih Lailatul Qadar. Di Jakarta, beberapa masjid besar seperti Istiqlal dan Al-azhar akan dipenuhi umat Muslim yang ber-i'tikaf menjelang di hari-hari terakhir Ramadan.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat