visitaaponce.com

Perbedaan Lebaran Jadi Rahmat Memperkuat Kerukunan Umat

Perbedaan Lebaran Jadi Rahmat Memperkuat Kerukunan Umat
Perbedaan perayaan Idul Fitri hhahrusnya menjadi ramat memperkuat persatuan umat dan modal untuk saling menghargai.(MI/Agus Mulyawan)

JARINGAN Muslim Madani (JMM) menyatakan perbedaan penetapan 1 Syawal 1444 H atau Lebaran Idul Fitri 2023 di Indonesia menjadi hal biasa dan tidak perlu dipermasalahkan. Pasalnya masing-masing memiliki dasar metode penetapan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Direktur Eksekutif JMM Syukron Jamal menyatakan perbedaan itu justru harus menjadi rahmat memperkuat persatuan umat atau ukhuwah islamiyah. Syukkron mengatakan kerukunan antar umat adalah modal penting menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui semangat saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

"Masyarakat muslim di Indonesia sudah memiliki modal yang kuat dalam menyikapi perbedaan terlebih soal penetapan 1 Syawal 1444 H yang dari dulu tidak jadi persoalan. Ini justru jadi rahmat modal penting membangun sikap moderat dan toleran saling menghargai dan menghormati satu sama lain menjaga persatuan dan kerukunan umat," ungkapnya, Jumat (21/4).

Baca juga : Sambut Idul Fitri, PP Muhammadiyah Gaungkan Pesan Toleransi

"Yang melakukan ibadah salat id pada Jum'at dipersilahkan, bahkan difasilitasi dengan tetap menghormati yang masih melaksanakan puasa.  Toleransi sesama umat ini jadi modal penting untuk bertoleransi juga antar umat beragama di Indonesia," sambung Syukron.

Syukron mengingatkan di Indonesia Lebaran tidak hanya ritual keagamaan, juga penuh unsur budaya dan tradisi. Seperti silaturahmi dan mudik.

"Untuk itu, segala bentuk perbedaan sikap dan pandangan tersebut perlu disikapi dengan bijak sehingga tidak mengotori semangat kemenangan kembali ke fitrah manusia (idulfitri) tersebut," jelasnya.

Baca juga : Diprediksi Ada Perbedaan Waktu 1 Syawal Lebaran, Wamenag: Saling Menghormati

"Jadi intinya perbedaan itu rahmat dalam Islam terlebih di Indonesia yang paling penting tetap rukun dan guyub. Kita nikmati perbedaan tersebut sambil menikmati suasana kebersamaan di hari raya, menikmati kemenangan kembali ke fitri," tandas Syukron. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat