visitaaponce.com

Doa Bulan Ramadan dan Amalan yang Dianjurkan

Doa Bulan Ramadan dan Amalan yang Dianjurkan
Doa Bulan Ramadhan(Ilustrasi )

DOA menyambut bulan Ramadhan atau Ramdan sebenarnya tidak ada doa khusus yang berasal dari Nabi dan para sahabatnya saat menyongsong bulan suci ini. Meskipun demikian, tradisi menyambut bulan Ramadhan atau Ramadan diungkapkan dengan penuh sukacita oleh para sahabat dan ulama melalui kalimat-kalimat doa yang mengandung harapan dan kebaikan.

Para sahabat Nabi mengungkapkan kegembiraan mereka menyambut bulan Ramadhan atau Ramdan dengan memanjatkan doa seperti berikut:

أللهمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا
 

Baca juga : Raja Salman Serukan Akhir 'Kejahatan Keji' di Gaza dalam Pesan Ramadan

"Allahumma salimnî li ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan."

Artinya: "(Ya Allah, sampaikanlah aku dengan selamat kepada bulan Ramadhan. Sampaikan pula Ramadhan kepadaku dan terimalah amal-amal ku di bulan Ramadhan)" (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du'â', 2007, hlm. 312).

Maksud dari doa para sahabat Nabi ini adalah mereka berdoa agar Allah Swt memberikan keselamatan pada mereka ketika memasuki bulan Ramadhan. Selama enam bulan sebelum Ramadhan, mereka berharap untuk diberikan kesempatan memasuki bulan yang penuh berkah ini. Begitu juga, selama enam bulan setelah Ramadhan, mereka berdoa agar amal ibadah mereka di bulan Ramadhan diterima oleh Allah (Lathaiful Ma'arif, Ibnu Rajab, hal.264).

Baca juga : Kanselir Jerman Serukan Gencatan Senjata di Jalur Gaza selama Ramadan

Amalan di Bulan Ramdan

Selain mengucapkan doa menyambut bulan Ramadhan atau Ramadan, berikut ini terdapat rangkaian amalan yang dapat dilakukan oleh umat Muslim selama bulan suci ini.

  1. Melaksanakan Puasa Puasa tetap menjadi kewajiban utama selama bulan Ramadhan atau bulan Ramadan. Praktik ini tidak hanya mengajarkan kesabaran, tetapi juga menumbuhkan ketakwaan dan membantu mengendalikan hawa nafsu.

  2. Mengamalkan Bacaan Al-Quran Bulan Ramadhan atau bulan Ramadan memberikan keistimewaan tersendiri bagi pembacaan Al-Quran. Pahala membaca kitab suci ini dilipatgandakan, sehingga diharapkan umat Muslim dapat memperbanyak tilawah dan bahkan berusaha untuk mengkhatamkannya.

    Baca juga : Jelang Ramadan, Korban Lumpur Lapindo Ziarah di Atas Tanggul Sekalian Silaturahmi

  3. Melakukan Qiyamul Lail (Salat Tahajud) Salat malam, terutama Qiyamul Lail, sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan. Dengan melaksanakan shalat ini, umat Muslim berharap mendapatkan ampunan atas dosa-dosa yang telah lalu.

  4. Bersedekah Bulan Ramadan menjadi momentum untuk meningkatkan amal perbuatan, termasuk bersedekah kepada sesama yang membutuhkan. Tindakan ini diharapkan dapat meningkatkan keberkahan dalam hidup.

  5. Melakukan I'tikaf I'tikaf di dalam masjid, terutama pada 10 malam terakhir Ramadhan, merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan. I'tikaf ini memiliki keutamaan besar, terutama dalam mencari malam Lailatul Qadar.

    Baca juga : 5 Tips Memulai Investasi di Bulan Ramadan

  6. Berzikir Memperbanyak dzikir, istighfar, dan doa sepanjang bulan Ramadhan juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Hal ini diharapkan dapat membuka pintu ampunan Allah Swt dan memperoleh keberkahan dalam berbagai aspek kehidupan.

  7. Memperkuat Silaturahmi Menjaga dan memperkuat hubungan silaturahmi, baik dengan keluarga, tetangga, maupun sesama Muslim, juga menjadi amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan. Praktik ini diharapkan dapat membuka pintu rezeki dan mencegah sikap egois.

Melalui serangkaian amalan tersebut, umat Muslim diharapkan dapat merasakan kedekatan dengan Allah Swt, mendapatkan ampunan-Nya, dan meraih keberkahan dalam setiap langkah kehidupan mereka selama bulan Ramadhan atau Ramdan.

 

Inilah rangkaian doa yang diucapkan sebagai tanda menyambut bulan Ramadhan atau bulan Ramadan. Dengan merendahkan hati dan mengucapkan doa-doa ini, kita mengharapkan petunjuk dan berkah dari Allah Swt, sehingga di dalam bulan Ramadhan ini kita dapat mencapai keberkahan dan mendapatkan ampunan-Nya. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat