visitaaponce.com

Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut Dibuka

Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut Dibuka
Kemenhub  membuka program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut 2024 dalam perjalanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024.(Antara)

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut membuka program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut 2024. Program ini bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024 dan mengurangi penggunaan kendaraan roda dua di jalan raya.

"Kami kembali menyelenggarakan program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut. Kami berharap program ini bisa memberikan kemudahan bagi pemudik dalam merayakan momen penting bersama keluarga," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi dalam keterangan resmi, Kamis (14/3).

Pendaftaran untuk program mudik gratis ini dibuka mulai Rabu-Minggu,13 Maret 2024-7 April 2024 melalui website https://mudikgratis.dephub.go.id/.

Baca juga : Kuota Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Sudah Terisi Lebih dari 50%

"Melalui platform tersebut, masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan tiket mudik gratis," kata Antoni.

Adapun total kuota program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut 2024 sebanyak 4.800 sepeda motor dan kuota masyarakat yang ikut mudik tersebut dengan kapal laut sebesar 9.800 penumpang

Program ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan dengan rute dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan sebaliknya.

Baca juga : Program Mudik Gratis Lebaran 2024 Kembali Digelar oleh Kemenhub, Simak Alur Pendaftaranya!

Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada Jumat-Minggu, 5 dan 7 April 2024, sementara keberangkatan arus balik akan dilaksanakan pada Sabtu-Senin, 13-15 April 2024.

"Dengan kolaborasi baik diharapkan dapat tercipta kondisi perjalanan yang selamat, aman, nyaman, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat," tutupnya.

Berikut persyaratan pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut 2024;

  1. Satu peserta harus memiliki kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga, SIM C, STNK
  2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.
  3. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.
  4. Verifikasi calon peserta arus mudik, mulai 15 Maret 2024, setiap hari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB (termasuk hari libur dan tanggal merah) dilakukan di terminal penumpang nusantara di Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jl. Panaitan No. 105, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pilihan lainnya ialah di Kantor Kementerian Perhubungan RI.
  5. Verifikasi calon peserta arus balik (hanya untuk peserta arus balik Semarang ke Jakarta saja yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya), mulai 22 Maret 2024, (termasuk hari libur dan tanggal merah) di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jl. Yos Sudarso No.30, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat