visitaaponce.com

Tarif Tiket Mudik Lebaran Jangan Membebani Masyarakat

Tarif Tiket Mudik Lebaran Jangan Membebani Masyarakat
Ilustrasi - Wakil Ketua Komisi V DPR, Roberth Rouw, menyerukan tarif mudik tetap terjangkau bagi masyarakat Indonesia(MI/Apul)

WAKIL Ketua Komisi V DPR Roberth Rouw meminta tarif mudik 2024 tidak mahal dan terjangkau masyarakat, mengingat ekonomi Indonesia belum pulih usai pandemi covid-19.

"Kementerian dan mitra-mitranya agar tidak hanya memberi pelayanan terbaik tapi juga murah agar masyarakat tidak terbebani," kata Roberth kepada wartawan, Jumat (29/3).

Roberth mengatakan hal itu sudah disampaikan beberapa kali pada kementerian terkait. Seluruh pemangku kepentingan penyelenggara jasa transportasi juga diharapkan memperhatikan imbauan itu.

Baca juga : TNI-AL Siapkan KRI 593 Banda Aceh untuk Mudik Gratis

"Mungkin juga diberikan suatu kebijakan khusus bahwa kalau beli dari jauh-jauh hari itu ada diskon khusus," ujar politikus Partai NasDem itu.

Roberth menyebut operator penerbangan sudah memberikan promo tersebut. Aneka informasi itu harus disosialisasikan seluas-luasnya kepada publik.

"Harus ada satu kebijakan juga agar pemerintah tidak hanya menetapkan tarif batas atas yang terlalu tinggi," papar dia.

Baca juga : Jasa Marga Siapkan 4 Ruas Jalan Tol Fungsional untuk Mudik Lebaran

Selain itu, Roberth mengingatkan keselamatan transportasi publik saat mudik. "Yang paling penting kelaikan transportasi apalagi kita bicara angkutan umum. Ini harus betul-betul diproteksi dengan baik," kata Roberth.

Roberth mengatakan memastikan kelaikan transportasi sangat krusial. Jangan sampai ada kecelakaan yang membuat masyarakat menjadi korban.

"Jadi harus disiapkan dari segi kelaikan angkutan umum darat, laut, dan udara," papar politikus Partai NasDem itu.

Selain itu, Roberth mendorong Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) aktif memberikan laporan cuaca secara berkala. Sebab, kondisi cuaca berhubungan dengan keamanan transportasi. "Apalagi menyangkut soal angkutan laut," papar dia. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat