visitaaponce.com

Tiga Srikandi Juarai Lomba Cipta dan Baca Puisi Media Indonesia 2023

Tiga Srikandi Juarai Lomba Cipta dan Baca Puisi Media Indonesia 2023 
(Ilustrasi Yulya Kataeva )

Ilustrasi: Yulya Kataeva 

TIGA srikandi memenangi Lomba Cipta dan Baca Puisi Media Indonesia yang digelar pada Festival Kopi Nusantara 2023 di Kantor Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Jumat (3/1). Acara tersebut dihelat untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-53 Media Indonesia

Pemenang pertama diraih Kurnia Beti (Medcom.ID) dengan judul puisi Secarik Kata Bagi Pertiwi, pemenang kedua Renggi Putrima (Metro TV) dengan judul puisi Kopi Kebangsaan, dan pemenang ketiga Rosalia Dewi Arlusi (Metro TV) dengan judul puisi Penjaga Ibu

Ini merupakan Lomba Cipta dan Baca Puisi Media Indonesia kedua. Penyelenggaraan pertama dilangsungkan pada 2022 lalu. Tahun ini, para peserta hanya dikhususkan bagi para karyawan di lingkungan kerja Media Group Network. Berbeda dengan tahun lalu yang dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa se-Indonesia. 

Baca juga: Sajak Kofe, Ruang Puisi di Media Indonesia 

Dewan Juri Lomba Cipta dan Baca Puisi Media Indonesia terdiri dari Editor Senior Media Indonesia Rosmery Sihombing, Penulis Buku The Rise of Majapahit Setyo Wardoyo, dan Penyair Iwan Jaconiah. Penilaian dilakukan dengan mengedepankan unsur-unsur, seperti kejernihan bahasa, kelogisan tema, dan ketepatan dalam membaca. 

Puisi telah memberi sebuah kesejukan.

Sebelumnya, para peserta yang ikut mendaftarkan diri mengikuti lomba ini sebanyak 160 peserta. Namun, sebagian besar berada di luar Jakarta. Hanya peserta dari Ibu Kota saja yang akhirnya diundang mengikuti Babak Penyisihan, pada Jumat (27/1) lalu. Pada Babak Final, para finalis membaca sebuah puisi yang sama berjudul Lima Puluh Tiga Tahun Membawa Suara Rakyat  karya Wardoyo. 

"Tema-tema yang disajikan di lomba ini sangat baik. Ketiga finalis mampu membaca dengan penuh penjiwaan. Semoga kegiatan ini dapat mendorong kreativitas di lingkungan kerja Media Group," ujar Rosmery seusai penjurian. 

Sementara itu, sebagai juara pertama Beti mengaku senang. Di tengah rutinitas sebagai pekerja pers, dia masih menemukan oase di perusahaan. "Puisi telah memberi sebuah kesejukan," ucap staf Marketing Communication dari Medcom.ID, itu seusai keputusan Dewan Juri yang dibacakan Jaconiah. 

Pada final lomba tersebut, Direktur Pemberitaan Media Indonesia Ade Alawi turut hadir menyaksikan sekaligus memberikan apresiasi secara langsung kepada ketiga pemenang. Melalui Lomba Cipta dan Baca Puisi Media Indonesia, ada harapan bersama ke depannya untuk ikut terus memajukan perpuisian nasional. (SK-1) 


Baca juga: Pemenang Lomba Cipta Puisi Media Indonesia 2022 
Baca juga: Lomba Cipta Puisi Media Indonesia 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Iwan Jaconiah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat