visitaaponce.com

Kalah dari Hungaria, Three Lions Gagal Jaga Rekor 60 Tahun Kemenangan

Kalah dari Hungaria, Three Lions Gagal Jaga Rekor 60 Tahun Kemenangan
Para pemain Timnas Hungaria melakukan selebrasi setelah mengalahkan Timnas Inggris dengan 1-0 di laga UEFA Nations League.( Attila KISBENEDEK / AFP)

TIM Nasional (Timnas) Inggris memulai perjalanannya di UEFA Nations League dengan kekalahan. Menghadapi Hungaria di Puskas Arena Park, Budapest, pada Minggu (5/6) dini hari, Three Lions -julukan Timnas Inggris- takluk dengan kedudukan 0-1.

Gol tendangan penalti yang dibuat Dominik Szoboszlai pada babak kedua berhasil mengantarkan Hungaria memetik kemenangan atas Inggris, yang juga merupakan kemenangan pertama mereka dari Three Lions dalam kurun 60 tahun terakhir.

Kali terakhir The Three Lions dibekuk tim berjulukan Magyarok adalah pada 31 Mei 1962 dalam penyisihan grup Piala Dunia. Saat itu, Inggris menyerah 1-2 dengan dua gol Lajos Tichy dan Florian Albert bersarang di gawang kawalan Ron Springett.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, mengelak bahwa kelelahan pada skuadnya menjadi penyebab dari kekalahan. Dia justru mengatakan, panasnya cuaca Hungaria menjadi penyebab utama di balik penampilan buruk skuad asuhnya.

Baca juga: Takluk dari Denmark, Alarm bagi Les Blues

"Kami menjalankan pertandingan yang sulit dengan mereka, dengan Hungaria, seperti yang dialami negara-negara besar lainnya. Mereka sangat sulit untuk ditembus," kata Southgate dikutip dari Sky Sport, Minggu (5/6).

"Dalam hal ketajaman kami tidak menjadi diri kami seperti biasanya, saya pikir cuaca panas menjadi masalah utama, cuaca disini sangat panas," jelasnya.

Dengan Piala Dunia 2022 Qatar yang akan mulai bergulir pada akhir tahun, Southgate nampaknya tengah mencoba strategi baru pada skuadnya dalam pertandingan ini.

Menerapkan formasi 3-4-3, dia menaruh debutan Jarrod Bowen pada lini serangan, ditambah James Justin yang juga melakukan debut seiornya, dipercaya memperkuat sisi sayap kiri.

Southgate mengakui bahwa strategi barunya itu tidak cukup berhasil, dia menyatakan bahwa skuadnya tidak mendapatkan keseimbangan sepanjang pertandingan.

"Dalam empat pertandingan ini (babak penyisihan grup), kami tengah mencoba untuk menyeimbangkan dengan melihat berbagai hal, mencari tahu tentang pemain dan mencoba untuk menang," katanya.

"Mungkin kami tidak cukup mendapatkan keseimbangan hari ini, tetapi kami telah belajar banyak dari pertandingan hari ini dan saya harus menerima hasil ini," jelasnya.

Atas hasil ini, Inggris pun belum mendapatkan satu pion pun di klasemen, membuat mereka menduduki posisi terbawah di klasemen Grup A3.

Sedangkan Hungaria memimpin di puncak dengan 3 poin, sementara Jerman dan Italia berada di posisi kedua dan ketiga dengan masing-masing mengoleksi 1 poin.

Meski terjerumus di dasar klasemen, namun Three Lions masih memiliki harapan, dengan lima pertandingan yang akan segera dimainkan. Terdekat, Inggris akan menghadapi Jerman pada Rabu (8/6). (Rif/Skysports/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat