visitaaponce.com

Masa Kelam Timnas Inggris Terulang

Masa Kelam Timnas Inggris Terulang
Timnas Inggris(AFP/Paul ELLIS)

HONGARIA memberikan kekalahan kandang terburuk bagi Inggris dalam 94 tahun setelah mengalahkan tuan rumah 0-4 dalam laga lanjutan Liga Negara UEFA di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Rabu (15/6) dini hari WIB. 

Pelatih Gareth Southgate menegaskan dirinya adalah orang yang bertanggung jawab dari hasil buruk tersebut.

Dua gol Hongaria dicetak Roland Sallai (16' 70'), lalu dua gol lainnya dicetak Zsolt Nagy (80') dan Daniel Gazdag (89'). 

Baca juga: Inggris Dipermalukan di Kandang Sendiri oleh Hongaria

Dengan hanya 31% penguasaan bola, The Magyars - julukan Hungaria - mencetak empat gol dari lima tendangan tepat sasaran. Sementara Inggris dengan 10 tendangan, 69% penguasaan bola, hanya dua yang tepat sasaran dan tidak berbuah gol.

Kekalahan itu mengulang catatan buruk Inggris bermain di kandang. Pada 1928, Inggris menderita kekalahan kandang terparah dengan catatan empat gol atau lebih. Saat itu The Three Lions kalah 5-1 dari Skotlandia.

Sementara itu, bagi Hongaria, mereka adalah tim pertama yang mencetak gol dalam pertandingan tandang melawan Inggris, dengan terakhir kali juga merekalah yang melakukan itu pada November 1953, saat menang 6-3 di Wembley.

Kekalahan itu membuat Inggris berada di posisi juru kunci Grup A3, bahkan mereka menjadi satu-satunya tim di grup tersebut tanpa kemenangan setelah melakoni empat pertandingan. 

Runner up Piala Eropa 2020 itu hanya mampu mencetak satu gol dalam rentang waktu tersebut, yakni melalui penalti Kane saat bermain imbang 1-1 melawan Jerman.

"Saya tidak akan mengatakan itu tidak menyakitkan, tetapi sangat jelas bagi saya apa yang kami coba lakukan di empat pertandingan, dan ironisnya adalah bahwa dua edisi Liga Negara adalah Liga Negara yang telah mengumpulkan hal-hal negatif dan tekanan kepada kami," kata Southgate.

"Saya harus melakukannya dan tugas saya adalah melindungi para pemain. Hasilnya adalah tanggung jawab saya," lanjutnya.

Southgate mengeluhkan ketergantungan pada Harry Kane dan Raheem Sterling untuk mencetak gol. Penalti Kane tetap menjadi satu-satunya gol yang mereka dapatkan dalam empat pertandingan.

"Saya memilih banyak pemain muda tampil dari awal, jadi kekalahan ini merupakan tanggung jawab saya sepenuhnya. Saya tidak mampu menciptakan strategi yang sesuai di dua pertandingan melawan Hungaria. Kami mulai gugup dan kesulitan bangkit setelah mereka mencetak gol pertama,” jelasnya.

Kapten Inggris Harry Kane mengakui bahwa kekalahan telak atas Hongaria adalah hasil yang mengecewakan. Namun, ia meminta para pemain dan juga penggemar tidak panik karena banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum Piala Dunia Qatar 2022.

"Saya tahu ini mengecewakan bagi para penggemar. Ini bukan waktunya panik. Ini kekalahan yang membuat kami kecewa, tetapi kami harus tetap tenang dan kami tahu kami memiliki banyak hal untuk dikerjakan," kata Kane.

"Kami sedang mempersiapkan Piala Dunia dan itu yang paling penting. Kami akan belajar banyak dari turnamen ini," lanjutnya. (Mirror/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat