visitaaponce.com

PSSI Resmi Ajukan Protes Hasil Thailand vs Vietnam yang Diduga Main Mata

PSSI Resmi Ajukan Protes Hasil Thailand vs Vietnam yang Diduga 'Main Mata'
Ekspresi kesedihan pemain Tim Nasional U-19 Indonesia seusai pertandingan melawan Myanmar(MI/ Briyanbodo Hendro )

PSSI memutuskan akan mengajukan protes terkait laga Vietnam dan Thailand di laga terakhir fase Grup A Piala AFF U-19 2022. PSSI tengah menyiapkan berkas dan bukti-bukti yang diperlukan untuk dikirim ke AFF paling lambat Selasa (12/7).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan telah mengkaji hasil pertandingan antara Vietnam U-19 dan Thailand U-19 yang berakhir 1-1. PSSI menilai kedua tim tidak fairplay di pertandingan itu.

Laga antara Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 di laga pemungkas Grup A Piala AFF U-19, Minggu (10/7). Hasil itu membuat kedua tim lolos dari babak grup dan Indonesia gagal.

Ada indikasi Vietnam dan Thailand berusaha 'main mata'. Kedua tim tak lagi bermain dengan intensitas menyerang khususnya di babak kedua setelah skor 1-1.

Bahkan, Vietnam seperti melakukan latihan passing di area pertahanan sendiri tidak sampai ke garis tengah lapangan. Sementara Thailand hanya menunggu tidak merebut bola.

"PSSI melihat saat laga antara Thailand dan Vietnam ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya (fairplay). Apakah pantas sebuah negara besar seperti itu melakukan hal itu. PSSI tidak menuduh, tetapi kita hanya mempertanyakan,” kata Iriawan dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (11/7).

"Kami akan protes dan surat sedang disiapkan. Kami meminta jawaban, silakan tim investigasi AFF datang," jelasnya.

PSSI sudah menggelar rapat internal yang dihadiri dihadiri Sekjen Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Manager Tim U-19 Endri Erawan, Asisten Manager Sumarji, Direktur Teknik Indra Sjafri, Asisten Pelatih Nova Arianto.

"Kami putar kembali rekaman video Vietnam dan Thailand. Di babak pertama mereka skor 0-0, di babak kedua hanya jeda empat setengah menit dan bisa dibalas Vietnam (menjadi 1-1). Yang jelas tim kami merasa dirugikan," jelasnya.

Baca juga: Kemenangan Telak atas Myanmar Gagal Antar Indonesia ke Semifinal

 

Iriawan menambahkan soal regulasi AFF ini tidak ada masalah. Sebab, saat manager meeting sudah dibahas dan PSSI memahami itu.

"Kalau mereka (Thailand vs Vietnam) mainnya benar, saya tidak masalah. Ini terlihat mereka main-main. Ini yang membuat kami terluka. Itu sebabnya saya akan mengirim surat protes resmi kepada AFF agar mereka melakukan investigasi melalui Komite Disiplin (Komdis) AFF. Apakah ada match fixing atau tidak. Kalau tidak terbukti ya tidak masalah," pungkas pria yang karib disapa Iwan Bule itu. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat