visitaaponce.com

Jumlah Pelancong ke Piala Dunia Qatar belum Capai Target

Jumlah Pelancong ke Piala Dunia Qatar belum Capai Target
Anak-anak bermain di taman bermain di Katara di Doha pada 7 Desember 2022, selama turnamen sepak bola Piala Dunia Qatar 2022.(AFP/Patricia De Melo Moreira.)

TARGET pelancong pada Piala Dunia Qatar yang dibidik sebanyak 1,2 juta belum tercapai. Hingga dua minggu lebih, Qatar tercatat baru menerima sekitar 765 ribu pengunjung.

Laporan dari komite penyelenggara Qatar per 7 Desember menyebut selama 17 hari Piala Dunia terdapat 765.859 pengunjung internasional dan lebih dari setengahnya kini telah pulang. Jumlah itu masih jauh dari ekspektasi karena penyelenggara menargetkan sebanyak 1,2 juta pelancong selama satu bulan. 

Dengan sisa pertandingan yang lebih sedikit dan puncak kedatangan sudah lewat, lonjakan besar diprediksi sulit terjadi. Pasalnya, sekarang hanya tinggal delapan tim yang bertahan untuk memainkan laga perempat final. Ini termasuk perebutan peringkat tiga dari total 64 laga.

Panitia penyelenggara sebelumnya mengidentifikasi periode puncak pelancong internasional akan terjadi pada 24-28 November selama babak penyisihan grup ketika 32 tim memainkan empat pertandingan setiap hari. Laporan komite penyelenggara tersebut juga mencatat ada 1,33 juta pemegang tiket pertandingan dan 3,09 juta tiket terjual di delapan stadion di Qatar.

Piala Dunia Qatar yang pertama kali digelar di Timur Tengah disebut-sebut tak banyak diminati khususnya pelancong Eropa karena sejumlah faktor. Masalah itu mulai dari mahalnya ongkos tiket pesawat, hotel, dan penjualan alkohol yang dibatasi.

Pelancong internasional yang lebih sedikit dari perkiraan menyebabkan banyaknya kelebihan akomodasi yang kosong. Meski begitu, peningkatan diproyeksikan tetap akan terjadi di sisa pertandingan. 

"Dengan kompetisi yang masih berlangsung selama seminggu, gelombang pengunjung baru telah mulai berdatangan dari negara-negara yang berhasil mencapai perempat final," kata seorang pejabat Qatar. Contohnya, ratusan suporter Maroko dilaporkan baru terbang ke Qatar menyusul kepastian lolos skuad Singa Atlas ke perempat final usai kemenangan atas Spanyol.

Diprediksi, kedatangan suporter di menit-menit akhir akan makin banyak. Otoritas Qatar juga mencoba menarik pelancong dari sesama Negara Teluk dengan melonggarkan pembatasan masuk. (The Guardian/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat