visitaaponce.com

Gagal di U-20, Jokowi Minta Erick Thohir Buat Cetak Biru Tranformasi Sepak Bola Nasional

KETUA Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (31/3). Erick baru kembali dari Qatar untuk melobi Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) mengenai status Indonesia sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia U-20.

Dalam pertemuan itu, Erick mengatakan bahwa presiden instruksi dua hal. Pertama peta biru transformasi sepak bola Indonesia. Kedua, presiden meminta PSSI berkomunikasi lagi dengan FIFA setelah Indonesia dicabut menjadi tuan rumah U-20.

"Bapak Presiden menekankan ini harus segera selesai dan harus segera disampaikan kepada FIFA," ujar Erick saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (31/3).

Baca juga : Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Rugi Rp3,7 Triliun

Pembicaraan kembali dengan FIFA, ujar Erick, harus dilakukan karena presiden ingin Indonesia tetap menjadi bagian keluarga besar FIFA. FIFA, terangnya, mempunyai 216 negara peserta.

"Sehingga bisa diartikan Bahwa presiden tidak mau kita terkucilkan dari peta persepakbolaan dunia," ucapnya.

Baca juga : Sedih Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ferarri Pilih Fokus ke Persija

"Karena itu saya tentu akan berusaha keras memastikan transformasi sepak bola Indonesia ini terjadi, bukan wacana," tegasnya lagi.

Selain itu, Erick berjanji akan bekerja keras untuk kembali bernegosiasi dengan FIFA agar Indonesia tidak sampai terkena sanksi berat. Menurutnya surat dari FIFA pada Presiden Jokowi bahwa FIFA sedang mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk indonesia. Oleh karena itu, ia mengaku sedang menunggu undangan kembali dari FIFA setelah mereka rapat FIFA Council (Konsil). Pertemuan selanjutnya dengan FIFA, sambung Erick, diperkirakan akan berlangsung beberapa mendatang.

" Sekarang saya bersiap kembali bertemu FIFA," tukasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat