visitaaponce.com

Laga FIFA Match Day Bukti Nyata Dukungan terhadap Kemerdekaan Palestina

Laga FIFA Match Day Bukti Nyata Dukungan terhadap Kemerdekaan Palestina
Pesepak bola Timnas Palestina Taufik Ali memberikan tandatangan untuk pendukungnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.(Antara)

Laga FIFA Match Day antara Timnas Indonesia melawan Palestina akan digelar di Gelor Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/6).

Dosen Program Studi Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan Kishino Bawono mengungkapkan pertandingan tersebut bukan hanya sekadar ajang sepak bola. Lebih dari itu, laga teresebut adalah sebuah bukti konkret eratnya hubungan kedua negara.

"Pertandingan itu merupakan pengakuan bangsa Indonesia kepada bangsa Palestina sehingga menjadi nilai positif bagi hubungan diplomatik kedua negara. Salah satu yang dibutuhkan untuk memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina adalah pengakuan dari bangsa lain," ujar Kishino melalui keterangan tertulis, Selasa (13/6).

Baca juga: Pratama Arhan Telah Bergabung dengan Timnas Jelang Laga Kontra Palestina

Melalui pertandingan tersebut, PSSI tengah menunjukkan bahwa Indonesia tetap konsisten dengan politik luar negeri dan diplomasinya, yakni mendukung kemerdekaan bangsa Palestina.

"Dalam konstitusi kita, jelas menyebutkan bahwa bangsa Indonesia menolak setiap penjajahan di muka bumi. PSSI yang menyelenggarakan pertandingan ini ingin menunjukkan kepada dunia dan publik di dalam negeri kalau Indonesia masih konsisten mendukung kemerdekaan bangsa Palestina," jelasnya.

Baca juga: Skuad Garuda Fokus Penyelesaian Akhir Jelang Lawan Palestina

Selain itu, ia memandang langkah Erick yang akan menghibahkan 10% hasil penjualan tiket kepada rakyat Palestina menyiratkan adanya dukungan bangsa Indonesia terhadap perjuangan bangsa tersebut dalam meraih kemerdekaan. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat