visitaaponce.com

Beban Berat Luciano Spalletti di Kejuaraan Piala Eropa 2024

Beban Berat Luciano Spalletti di Kejuaraan Piala Eropa 2024
Luciano Spalletti(AFP/FILIPPO MONTEFORTE )

SETELAH gagal lolos ke Piala Dunia 2022, ujian berat kembali dihadapi Italia untuk bisa lolos otomatis ke Piala Eropa 2024 di Jerman. Pelatih Gli Azzurri--julukan Italia-- akan berusaha meraih kemenangan pertamanya ketika timnya menghadapi Ukraina di Milan, Rabu (13/9) dini hari WIB.

Hanya empat bulan setelah membawa Napoli meraih gelar Serie A pertama mereka dalam 33 tahun, Spalletti kembali bertugas sebagai pelatih untuk pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2024 akhir pekan lalu.

Namun, debut Spalletti bersama Italia itu hanya berakhir dengan hasil imbang 1-1 melawan Makedonia Utara. Hasil tersebut masih jauh di bawah ekspektasi melawan tim yang berada di peringkat ke-68 FIFA.

Baca juga : Gli Azzurri Lepas dari Tekanan di Piala Eropa 2024

Meski Spalletti mendapat pujian di seluruh atas gaya menyerangnya saat ia melatih Napoli meraih gelar Serie A musim lalu, tetapi hal itu tidak terlihat pada laga debutnya.

Italia hanya membuat sembilan tembakan sepanjang laga meskipun mendomonasi, tapi hanya tiga yang tepat sasaran. Spalletti dinilai masih punya banyak pekerjaan untuk membangun tim yang bisa membawa kembali kejayaan sepak bola Italia.

"Bermain tanpa ide permainan, tanpa gaya. Memang Luciano tidak bisa 100% disalahkan. Dia (Spalletti) butuh waktu,’’ kritik mantan pelatih Italia Arrigo Sacchi.

Baca juga : Cedera, Locatelli Dicoret dari Timnas Italia

Italia tetap berada di peringkat ketiga Grup C dengan empat poin. Inggris memimpin dengan 13 poin, sementara Ukraina di urutan kedua dengan sembilan poin. Harapan mereka untuk lolos otomatis akan semakin besar jika mereka menang di laga nanti dan akan melompati Ukraina di urutan kedua. Hanya juara grup dan runner-up yang otomatis lolos ke putaran final di Jerman tahun depan.

"Kami harus kembali bekerja dan meraih kemenangan di pertandingan berikutnya," kata gelandang Italia, Bryan Cristante.

Penyerang Napoli Matteo Politano dan bek AS Roma Gianluca Mancini dipastikan akan absen membela Italia di laga nanti karena mengalami cedera saat melawan Makedonia Utara. Sebelumnya penyerang Federico Chiesa dan gelandang Lorenzo Pellegrini juga absen karena cedera. Spalletti kemudian menambahkan pemain sayap Riccardo Orsolini ke dalam skuad sebagai pelapis.

Baca juga : Lolos Euro 2024, Gli Azzurri Berambisi Pertahankan Gelar

Sementara Ukraina akhir pekan lalu bermain imbang 1-1 melawan Inggris. Pelatih Sergey Rebrov adalah para pemainnya mengeluarkan energi yang sangat besar di laga tersebut.

Jelang laga melawan Italia, Rebrov menekankan pentingnya melakukan recovery bagi para pemainnya karena jelas tidak akan mudah melawan Italia.

"Bermain melawan 2 tim kuat dalam jarak berdekatan juga sangat sulit. Recovery menjadi hal yang sangat penting dan pemain harus memahaminya," kata Rebrov. (Footballitalia/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat