visitaaponce.com

Lolos Euro 2024, Gli Azzurri Berambisi Pertahankan Gelar

Lolos Euro 2024, Gli Azzurri Berambisi Pertahankan Gelar
Trophy Euro 2024(UEFA)

ITALIA selamat dari lubang jarum lolos ke putaran final Euro 2024. Sang juara bertahan mengamankan tempat tiket usai bermain imbang melawan Ukraina 0-0 pada laga terakhir kualifikasi Grup C di Bay Arema, Leverkusen, Jerman, Selasa (21/11).

Italia hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos dan terhindar dari playoff. Hasil itu menjadi skenario yang sangat ingin mereka hindari menyusul trauma gagal lolos ke Piala Dunia edisi 2018 dan 2022 setelah kalah di babak playoff.

Kiper Italia Gianluigi Donnarumma harus bekerja keras untuk mencegah serangan-serangan awal dari Ukraina yang membidik kemenangan. Namun, tim asuhan Luciano Spalletti berhasil meredamnya.

Baca juga : Spalletti Tetap Optimistis Italia Bisa Lolos Kualifikasi Euro 2024

Italia finis sebagai runner up grup dengan 14 poin sama seperti Ukraina namun Italia memiliki rekor head-to-head yang lebih baik. Usai keluar dari lubang jarum, Gli Azzurri berambisi mempertahankan gelar.

"Kami gembira. Setelah semua kesulitan yang kami alami, kami akan berada di Jerman dan kami akan pergi ke sana sebagai juara bertahan dan pergi ke sana untuk menang," kata Donnarumma.

Lolosnya Italia menjadi angin segar bagi Luciano Spalletti yang baru bertugas selama tiga bulan setelah Roberto Mancini mundur. Italia akan masuk ke pot tiga atau empat untuk undian yang akan berlangsung pada 2 Desember di Hamburg.

Baca juga : Gli Azzuri Menang di Tengah Skandal

Spalletti tak memungkiri rasa lega luar biasa. Gli Azzurri akan mengalihkan fokus ke putaran final di Jerman dan berhasrat mengulangi kejayaan ketika mereka menjuarai Piala Dunia 2006 di sana.

"Sekarang, levelnya akan meningkat. Sekarang, kesenangan dimulai," kata Spaletti.

Sementara itu, Inggris yang sudah memastikan lolos ditahan imbang Makedonia Utara 1-1. Enis Bardhi membuka skor untuk Makedonia Utara empat menit sebelum jeda.

Baca juga : Gli Azzurri Lepas dari Tekanan di Piala Eropa 2024

Inggris menyamakan kedudukan tepat sebelum satu jam pertandingan dan beberapa saat setelah Harry Kane dimasukkan dari bangku cadangan. Jani Atanasov membuat gol bunuh diri  ketika hendak menghalau tendangan sudut Phil Foden.

Di Grup E, Ceko yang hanya membutuhkan hasil imbang saat menjamu Moldova meraih kemenangan 3-0. David Doudera mencetak gol pembuka di menit ke-14.

Moldova harus bermqin 10 orang ketika Vladislav Baboglo dikeluarkan dari lapangan pada awal babak kedua. Unggul jumlah pemain, Ceko memperbesar keunggulan melalui Tomas Chory dan kapten Tomas Soucek.

Baca juga : Beban Berat Luciano Spalletti di Kejuaraan Piala Eropa 2024

Ceko menempati posisi kedua di Grup E di bawah Albania yang memuncaki klasemen. Namun, kejutan terjadi karena pelatih Ceko Jaroslav Silhavy justru mengumumkan pengunduran diri setelah pertandingan.

“Meskipun kami bahagia sekarang, kami sudah memutuskan sebelum pertandingan untuk tidak melanjutkannya," kata pelatih berusia 62 tahun itu.

Slovenia akan tampil di Euro untuk pertama kalinya sejak 2000 setelah kemenangan 2-1 mereka di kandang Kazakhstan. Selovenia memastikan posisi kedua di belakang Denmark di Grup H.

Benjamin Verbic mencetak gol penentu kemenangan Slovenia setelah Ramazan Orazov mencetak gol untuk Kazakhstan yang menyamakab gol penalti Benjamin Sesko.

Kazakhstan sedianya bisa lolos jika menang namun sekarang mereka akan menghadapi babak playoff. Masih pada grup yang sama, pemuncak klasemen Denmark kalah 0-2 dari Irlandia Utara. Sementara itu, Finlandia menang 2-1 saat bertandang lawan San Marino. Finlandia juga akan melanjutkan ke babak playoff. (AFP/Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat