visitaaponce.com

Undian Piala Dunia U-17 Digelar 15 September di Swiss

Undian Piala Dunia U-17 Digelar 15 September di Swiss
FIFA U-17 World Cup 2023(Dok. FIFA)

FEDERASI Sepak Bola Dunia (FIFA) mengumumkan jadwal pengundian grup Piala Dunia U-17 2023 pada Jumat, 15 September 2023. Dalam keterangannya, kegiatan itu bakal digelar di markas FIFA, Zurich, Swiss.

Sebanyak 24 tim bakal bersaing memperebutkan gelar juara. Negara peserta akan diundi ke dalam enam grup yang terdiri dari empat negara. Tim-tim tersebut telah dibagi menjadi empat pot, dengan satu tim dari setiap pot akan diundi ke dalam setiap grup. 

Penempatan tim dalam pot diukur berdasarkan performa dalam lima ajang Piala Dunia U-17 sebelumnya.

Baca juga.: Presiden FIFA tidak Sabar Saksikan Piala Dunia U-17 di Indonesia 

Khusus untuk Indonesia selaku tuan rumah, skuad Garuda akan mendapat keistimewaan masuk ke pot 1 bersama tim-tim unggulan, seperti Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, dan Jepang.

Pengundian akan dilakukan oleh Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza, didampingi mantan pemenang Piala Dunia FIFA U-17 Stephen Appiah dan Julio Cesar, yang tampil di final edisi 1995.

Baca juga : Dua Bulan Jelang FIFA U-17, Heru Budi Kebut Perbaikan Pada Sisi Rumput JIS

Piala Dunia U-17 dijadwalkan berlangsung di empat stadion, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, Presiden FIFA Gianni Infantino akan datang ke Indonesia untul melihat langsung Piala Dunia U-17. 

Presiden FIFA, kata Erick, juga berencana mengunjungi training centre (TC) timnas Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN). Saat ini, tempat latihan untuk skuad Garuda di masa depan itu masih dalam proses pembangunan.

"Mudah-mudahan, pada saat yang bersamaan (Presiden FIFA) juga akan mengecek training centre (timnas Indonesia) yang ada di IKN," kata Erick.

Infantino dalam akun instagram pribadinya mengungkapkan antusiasnya dalam menyambut gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Ia sudah tak sabar menantikan pertandingan yang bakal tersaji di sana.

"Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar di negara indah Indonesia tinggal dua bulan lagi dan saya tidak sabar menantikan turnamen untuk segera dimulai," tulis Infantino dalam unggahan di akun Instagram @gianni_infantino.

"Doa terbaik saya untuk Ketua Umum PSSI Erick Thohir, tim PSSI, dan semua orang yang terlibat dalam menggelar turnamen fantastis ini." (Mal)

Berikut daftar lengkap pembagian pot undian grup Piala Dunia U-17 2023.

  • Pot 1: Indonesia, Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, Jepang
  • Pot 2: Jerman, Mali, Inggris, Korea Selatan, Argentina, Ekuador
  • Pot 3: Selandia Baru, Iran, Senegal, Amerika Serikat, Uzbekistan, Maroko
  • Pot 4: Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Venezuela, Polandia, Burkina Faso

(Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat