visitaaponce.com

Sempat Dianggap Terlalu Tua, Zwane Antar Afrika Selatan Tekuk Namibia

Sempat Dianggap Terlalu Tua, Zwane Antar Afrika Selatan Tekuk Namibia
Penyerang Afrika Selatan Themba Zwane melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Namibia di laga Piala Afrika.(AFP/Fadel Senna)

THEMBA Zwane, 34, yang sempat dianggap terlalu tua untuk timnas, mencetak dua gol saat Afrika Selatan menang telak 4-0 atas Namibia di laga Piala Afrika, Senin (22/1) dini hari WIB.

Kekalahan dari Mali, lima hari lalu, membuat Afrika Selatan harus menang di laga melawan Namibia dan Bafana Bafana langsung unggul tiga gol sebelum jeda dengan Zwane mencetak dua gol.

Ketika pelatih Belgia Hugo Broos ditunjuk menukangi timnas Afrika Selatna usai mereka gagal lolos ke Piala Afrika edisi sebelumnya, dia mengatakan timnya terlalu tua dan menjadikan Zwane sebagai contoh.

Baca juga: Gol Larut Buyarkan Harapan Tanzania Raih Kemenangan Pertama di Piala Afrika

Namun, penampilan konsisten Zwane untuk klubnya, Mamelodi Sundowns, membuat sang pelatih berubah pikiran.

Setelah Afrika Selatan unggul lewat eksekusi penalti Percy Tau, Zwane mencetak dua gol sebelum Thapelo Maseko membuat skor menjadi 4-0 di babak kedua ketika Bafana Bafana membukukan kemenangan terbesar mereka di ajang Piala Afrika sepanjang sejrah.

Mali memuncaki klasemen Grup E dengan raihan satu poin, Afrika Selatan dan Naminia masing-masing tiga poin, dan Tunisia satu poin sebelum laga pamungkas grup, Rabu (24/1).

Baca juga: Maroko Ditahan Imbang Kongo di Piala Afrika

Thapelo Morena, yang menjadi starter setelah tampil sebagai pemain cadangan di laga Afrika Selatan melawan Mali, menyulitkan Namibia sejak awal laga lewat pergerakannya di sisi kanan lapangan.

Dari salah satu pergerakan Morena itu, Rian Hanamub melakukan handball di kotak terlarang dan setelah meninjau VAR, wasit memberikan hadiah penalti untuk Afrika Selatan.

Tau, yang dikritik setelah gagal mengeksekusi penalti di laga melawan Mali, membayar tuntas kegagalan itu dengan menjebol gawnag Namibia yang dikawal Lloyd Kazapua di menit 14.

Tau, yang bermain untuk klub Mesir Al Ahly, terlihat lega berhasil melakukan tugasnya dengan baik.

Kemudian, Zwane mulai menunjukkan kehebatannya di stadion berkapaistas 20 ribu tempat duduk di Pantai Gading.

Penyerang itu menymabut umpan silang Morena dan bola masuk ke dalam gawang Namibia tanpa bisa ditahan Kazapua pada menit 25. Afrika Selatan unggul 2-0.

Sphephelo Sithole berpeluang memperlebar keunggulan Afrika Selatan namun sundulannya memantul ke lapangan dan kemudian melebar.

Zwane kemudian membuat skor menjadi 3-0 ketika dia merangsek dari sisi kiri lapangan dan melepaskan tendangan yang tidak bisa ditahan Kazapua.

Afrika Selatan terus tampil dominan dan Kazapua berhasil menahan tendangan keras Morena untuk membuat Namibia hanya tertinggal 3-0 saat jeda.

Di babak kedua, Zwane digantikan oleh Maseko, yang tidak butuh lama untuk mencetak gol keempat ke gawang Namibia pada menit 75.

Skor 4-0 untuk kemenangan Afrika Selatan atas Namibia bertahan hingga laga usai. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat