visitaaponce.com

Gol Tunggal Haller Antar Pantai Gading ke Final Piala Afrika

Gol Tunggal Haller Antar Pantai Gading ke Final Piala Afrika
Penyerang Pantai Gading Sebastien Haller melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kongo di semifinal Piala Afrika.(AFP/Sia KAMBOU)

SEBASTIEN Haller menjadi pahlawan usai gol tunggalnya membawa tuan rumah timnas Pantai Gading menang 1-0 atas timnas Kongo, Kamis (8/2), untuk melaju ke final Piala Afrika.

Menjadi starter untuk kali pertama di Piala Afrika kali ini karena dibekap cedera, penyerang Borussia Dortmund itu memanfaatkan umpan silang Max-Alain Gradel untuk mencetak gol pada menit 65 di laga yang dimainkan di Stadion Olimpiade Ebimpe.

Gol tunggal Haller itu cukup untuk membawa Pantai Gading melaju ke final Piala Asia melawan timnas Nigeria yang mengalahkan timnas Afika Selatan.

Baca juga : Pulih dari Kanker Testis, Haller Dipanggil Kembali ke Timnas Pantai Gading

Pantai Gading menjadi tuan rumah pertama yang mencapai final Piala Afrika sejak Mesir pada 2006 dan terjadi setelah tim tuan rumah itu nyaris tersingkir di babak penyisihan grup.

Bagi Kongo, kekalahan ini sangat menyakitkan karena mereka berharap bisa melaju ke final Piala Afrika untuk pertama kali sejak mereka menjadi juara pada 1974 kala masih bernama Zaire.

Penampilan Pantai Gading di Piala Afrika disebut bak keajaiban oleh pelatih interim Emerse Fae, yang menggantikan Jean-Louis Gasset yang dipecat usai hasil buruk di babak penyisihan grup.

Baca juga : Nigeria Melaju ke Final Piala Afrika Usai Menang Adu Penalti Atas Afrika Selatan

Dipermalukan dan nyaris tersingkir usai kalah 4-0 dari Guinea Ekuatorial pada 22 Januari, ini merupakan kali pertama Pantai Gading tampil di Stadion Olimpiade Ebimpe sejak saat itu.

The Elephants melaju ke 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat tiga terbaik. Mereka menyingkirkan juara bertahan Senegal di babak 16 besar lewat adu penalti.

Pantai Gading kemudian mengalahkan Mali di babak perempat final, meski bermain di mayoritas laga dengan 10 pemain. Gol kemenangan Pantai Gading terjadi di babak tambahan waktu.

Baca juga : Mesir Pecat Pelatih Selepas Piala Afrika

Oumar Diakite, yang mencetak gol kemenangan di laga melawan Mali, tidak bisa bermain melawan Kongo karena terkena kartu merah karena melakukan selebrasi. Pantai Gading juga kehilangan kapten Serge Aurier, Odilon Kossounou, dan Christian Kouame.

Mereka yang dimainkan oleh Pantai Gading adalah gelandang Brighton and Hove Albion Simon Adingra dan Haller, yang akhirnya fit. (AFP/Z-1)

Baca juga : Kalahkan Guinea, Kongo Melaju ke Semifinal Piala Afrika

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat