visitaaponce.com

GBK Diharapkan Beri Perhatian Serius soal Rumput Stadion

GBK Diharapkan Beri Perhatian Serius soal Rumput Stadion
Sejumlah penjaga gawang Tim Nasional Indonesia U-20 mengikuti sesi latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno(Antara)

TIMNAS Indonesia akan menjamu Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, dua pekan mendatang tepatnya 21 Maret 2024. Kualitas rumput Stadion Gelora Bung Karno diharapkan bisa prima ketika laga tersebut.

Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni menyoroti pentingnya kualitas rumput yang bagus dalam pertandingan level internasional yang bertajuk kualifikasi Piala Dunia.

Pasalnya, SUGBK menjadi stadion kebanggaan Indonesia. Dia mengingatkan jangan sampai ketika menjamu Vietnam kualitas rumput stadion tidak baik seperti yang terjadi pada laga uji coba tim U-20 Indonesia melawan Thailand beberapa waktu lalu.

Baca juga : Kalahkan Vietnam, Indonesia Naik Ke Peringkat 142 Dunia

"Kualitas rumput sebagai field of play sangat penting dalam pertandingan sepak bola. Apalagi pertandingan berstandar internasional dalam agenda FIFA Matchday memang menuntut standar tinggi soal kualitas lapangan," ujar Bung Kus sapaan akrab Mohamad Kusnaeni.

Untuk itu, lanjut Bung Kus, manajemen GBK perlu memberi perhatian serius terhadap kesiapan rumput lapangan. Terlebih, pertandingan nanti sangat penting untuk menjaga asa timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia.

"Penggunaan stadion untuk kegiatan politik, budaya, atau keagamaan sah-sah saja. Yang penting pengelola GBK bisa menghitung dengan cermat jarak antara kegiatan tersebut dengan masa pemulihan dan perawatan menuju pertandingan selanjutnya," ungkapnya.

Baca juga : Indonesia Menang Lawan Vietnam dengan Skor Tipis 1-0

Menurutnya, melihat kondisi terakhir rumput SUGBK agak mengkhawatirkan. Namun, pengelola GBK masih punya waktu untuk mengoptimalkan pemulihan kondisi rumput agar layak pakai. Apalagi saat ini masih periode musim hujan yang relatif lebih kondusif untuk perawatan rumput.

Selain rumput, Bung Kus juga mengingatkan fasilitas SUGBK lainnya seperti bangku penonton, fasilitas sanitasi, hingga pagar pemisah antartribun.

"Ingat, pertandingan nanti pasti akan mengundang puluhan ribu suporter fanatik timnas. Kesiapan fasilitas pendukung kenyamanan dan keamanan pertandingan jangan dianggap enteng. Harus disiapkan sama seriusnya dengan kita menyiapkan lapangan rumputnya," tukasnya. (Dhk/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat