visitaaponce.com

Serbet yang Jadi Awal Karier Lionel Messi di Barcelona akan Dilelang

Serbet yang Jadi Awal Karier Lionel Messi di Barcelona akan Dilelang
Serbet yang berisi janji kontrak di Barcelona bagi Lionel Messi yang kala itu berusia 13 tahun.(AFP/TIMOTHY A. CLARY)

BAGI sebagian besar orang, serbet tersebut adalah hal biasa. Namun, serbet yang diperkirakan akan terjual seharga US$635 ribu (sekitar Rp10 miliar) itu merupakan awal dari karier Lionel Messi karena berisi janji pemberian kontrak dari klub La Liga itu kepada pemain Argentina itu kala berusia 13 tahun.

Serbet itu tengah dipamerkan di New York untuk menarik perhatian menjelang pelelangan pada 18 Maret mendatang seiring meningkatnya minat terhadap pernak-pernik sepak bola.

Meski diperkirakan akan terjual antara US$380 ribu dan US$635 ribu, Ian Ehling, kepala unit buku dan manuskrip di rumah lelang Bonhams, optimistis serbet itu akan terjual dengan harga yang lebih tinggi.

Baca juga : Ini Alasan Messi Putuskan tidak Kembali ke Barcelona

Desember lalu, satu set enam jersey dengan nomor punggung 10 yang dipakai Messi kala Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 terjual seharga US$7,8 juta di pelelangan Sotheby's, jauh melebihi perkiraan awal.

Kisah serbet itu telah diceritakan berulang kali dalam biografi Messi, yang saat ini bermain di klub MLS, Inter Miami.

Lahir pada 1987 di keluarga kelas pekerja di Rosario, sekitar 300 kilometer di utara Buenos Aires, Messi berusia 13 tahun kala mencuri perhatian Barcelona.

Baca juga : Lionel Messi Minta Dua Syarat untuk Balik ke Barca

Namun, tidak semua orang yakin akan kemampuan Messi dan perundingan kontrak yang berlarut-larut membuat ayah Messi tidak sabar.

Kemudian, dalam pertemuan pada 14 Desember 2000 di klub tenis Barcelona antara Direktur Olahraga Charles Rexach dan agen olahraga Josep Minguella dan Horacio Gaggioli, sejarah terjadi.

Untuk memastikan Barcelona serius untuk mendatangkan Messi, Rexach mengambil serbet dan menuliskan bahwa dia sepakat 'Berdasarkan tanggung jawabnya, betapa pun ada pendapat yang tidak sepakat, untuk mengontrak Lionel Messi, sesuai dengan nilai yang telah disepakati'.

Baca juga : Xavi Bandingkan Talenta Baru Barcelona dengan Lionel Messi

Kontrak resmi kemudian ditandatangani namun Gaggioli menyimpan serbet itu selama 25 tahun sebelum memutuskan untuk menjualnya.

Messi telah memenangkan gelar La Liga sebanyak 10 kali bersama Barcelona. Dia bermain di Blaugrana hingga 2021 dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dengan 474 gol.

"Awal karier Messi terdokumentasi di sini. Sungguh luar biasa," ujar Ehling.

Setelah di New York, serbet itu akan dipamerkan di Paris dan London sebelum kemudian resmi dilelang pada 27 Maret mendatang. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat