visitaaponce.com

Liverpool dan Leverkusen Difavoritkan Juarai Liga Europa

Liverpool dan Leverkusen Difavoritkan Juarai Liga Europa
Striker Liverpool asal Uruguay Darwin Nunez(AFP)

BABAK 16 besar ajang Liga Europa mulai bergulir. Liverpool dan Bayer Leverkusen bakal menjadi favorit juara. Tim-tim lawan pun berambisi bisa menumbangkan mereka.

Liverpool dan Leverkusen menjadi pesaing yang menonjol untuk melaju jauh musim ini. Kedua tim bertandang ke bagian timur Eropa dan diprediksi bisa menang dengan nyaman.

Skuad asuhan Jurgen Klopp mengunjungi kandang Sparta Praha pada leg pertama, Jumat (8/3) dini hari. Akan menjadi kejutan besar jika the Reds tergelincir.

Baca juga : Liverpool Dilaporkan Sudah Ambil Langkah Awal untuk Datangkan Xabi Alonso

Sparta Praha saat ini berada di puncak klasemen Liga Ceko dan meraih beberapa hasil bagus di Eropa musim ini. Mereka lolos dari babak grup di depan Real Betis dan kemudian menyingkirkan Galatasaray di babak play-off.

Namun, Liverpool berada dalam performa fantastis dan masih berpeluang di tiga turnamen. Pada musim terakhir Klopp di Anfield ini, the Reds sudah mengoleksi Piala Liga. Mereka sementara memimpin klasemen Liga Primer Inggris dan lolos ke perempat final FA Cup.

Bahaya terbesar bagi tim asuhan Klopp menuju Stadion Letna di Praha adalah fokus yang terbelah. Sebabnya, pikiran mereka juga tertuju pada pertemuan besar menghadapi Manchester City akhir pekan ini.

Baca juga : Xabi Alonso Tegaskan Fokus ke Bayer Leverkusen

"Saya pikir semua orang dapat melihat bahwa kami selalu bersikap positif. Anda bisa melihat Virgil (van Dijk) dan para pemimpin kami selalu menjaga tim tetap positif. Itu sangat penting untuk terus melaju hingga akhir," kata gelandang Liverpool, Alexis Mac Allister.

"Kami adalah tim yang sangat bagus, grup yang sangat bagus dengan pemain-pemain bagus di dalam dan luar lapangan. Sangat penting untuk selalu bersikap positif," imbuhnya.

Di Liga Europa, Liverpool sudah dua kali kalah dalam dua pertandingan tandang di babak penyisihan grup. Klopp kemungkinan besar akan kembali memilih memberikan kesempatan kepada para pemain akademinya untuk menghadapi laga tandang di Praha.

Baca juga : Jadwal 16 Besar Liga Europa: Liverpool Vs Sparta, AS Roma Vs Brighton

Mohamed Salah yang hanya bermain satu kali sejak kembali dari Piala Afrika karena cedera sudah pulih. Namun, dia diperkirakan tak akan dimainkan karena masih terlalu dini.

Jika mampu mengamankan tempat di perempat final, ada kemungkinan Liverpool bisa bertemu Leverkusen yang menikmati musim gemilang di bawah asuhan mantan gelandang mereka Xabi Alonso.

Tak terkalahkan sepanjang musim, Leverkusen saat ini unggul 10 poin di puncak klasemen Bundesliga dengan 10 pertandingan tersisa. Gelar Jerman pertama menjadi prioritas Leverkusen. Mereka juga masih berkompetisi di di Piala Jerman.

Baca juga : Rudi Voeller Optimistis Xabi Alonso akan Bertahan di Bayer Leverkusen

Leverkusen akan bertandang ke markas Qarabag di Azerbaijan. Tim berjuluk the Werkself menuju ke Baku untuk kedua kalinya musim ini.

Leverkusen diprediksi bakal menang mudah lantaran di babak penyisihan kedua tim sudah bertemu. Di babak grup, Leverkusen menang di kandang dan tandang dengan skor agregat 6-1.

Sementara itu, Brighton and Hove Albion, West Ham United, dan Rangers akan menghadapi pertandingan sulit di babak 16 besar.

Baca juga : Juergen Klopp Puji Habis Xabi Alonso: Dia Luar Biasa!

Brighton akan mengunjungi ibu kota Italia untuk menghadapi AS Roma yang menikmati kebangkitan di bawah asuhan pelatih Daniele De Rossi. Leg pertama di Stadio Olimpico akan mempertemukan De Rossi melawan kawannya pelatih Brighton Roberto De Zerbi.

"Saya sangat menghormatinya. Saya tahu dia bisa menjadi pelatih hebat karena sebagai pemain dia menunjukkan kepribadian yang luar biasa," kata De Zerbi.

“Dia berpikiran sama dengan saya tentang sepak bola. Dia adalah orang yang penuh gairah dan kami berteman, tapi saya berharap bisa menang," imbuhnya.

Baca juga : Direktur Olahraga Leverkusen Optimistis Xabi Alonso tidak Ingin Hengkang

West Ham, yang menjuarai Liga Konferensi Europa musim lalu, pergi ke Jerman untuk menghadapi Freiburg yang baru saja menahan imbang Bayern Munchen di Bundesliga akhir pekan lalu. Adapun Rangers akan melakoni pertandingan yang sulit melawan Benfica di Lisbon.

"Ini akan menjadi pertandingan pertama kami menjadi underdog, itulah kenyataannya. Tapi itu tidak berarti bahwa kami tidak bisa lolos," kata pelatih Rangers, Philippe Clement.

Saingan sekota Benfica, Sporting Lisbon menjamu Atalanta. Pada laga lainnya, AC Milan menghadapi Slavia Praha dan Marseille bermain melawan Villarreal. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat