visitaaponce.com

Robinho Ditangkap di Brasil setelah Kalah di Pengadilan Terkait Kasus Pemerkosaan

Robinho Ditangkap di Brasil setelah Kalah di Pengadilan Terkait Kasus Pemerkosaan
Mantan pemain sepak bola Manchester City dan Real Madrid, Robinho, ditangkap di Brasil setelah kalah di pengadilan.(AFP)

MANTAN pemain sepak bola Manchester City dan Real Madrid, Robinho, ditangkap pada Kamis di Brasil, setelah kehilangan upaya pengadilan untuk menunda menjalani hukumannya selama sembilan tahun karena memerkosa seorang perempuan sepuluh tahun lalu.

Hakim Mahkamah Agung Luiz Fux menolak permintaan Robinho untuk penangguhan dan memutuskan "perintah penahanan tetap dipertahankan... sehingga dia dapat mulai menjalani hukumannya."

Kepolisian Federal di kota tenggara Santos mengatakan dalam pernyataan kepada AFP pada Kamis malam bahwa pasukan mereka "melakukan penangkapan... terhadap Robson de Souza."

Baca juga : Robinho Berusaha Menghindari Penjara di Brasil Setelah Dinyatakan Bersalah atas Kasus Pemerkosaan

"Tahanan akan menjalani pemeriksaan di (Institut Kedokteran Forensik), sidang penahanan, dan akan dikirim ke sistem penjara."

Yang dikenal secara populer sebagai "Robinho," pemain sepak bola itu dinyatakan bersalah oleh pengadilan Italia tahun 2017 atas kasus pemerkosaan seorang perempuan Albania yang sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-23 di sebuah klub malam di Milan empat tahun sebelumnya.

Mantan pemain internasional Brasil, yang kini berusia 40 tahun, kalah dalam banding pada tahun 2020 dan hukumannya dipertahankan oleh pengadilan tertinggi Italia pada tahun 2022, setelah itu jaksa Italia mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional terhadapnya.

Baca juga : Robinho Harus Jalani Hukuman 9 Tahun Penjara Atas Pemerkosaan di Brasil 

Namun, Brasil tidak mengekstradisi warga negaranya, dan Italia meminta agar Robinho diharuskan menjalani hukumannya di negara asalnya.

Sebuah pengadilan di Brasilia setuju pada Rabu, dengan sembilan suara mendukung dan dua menolak, dan pada hari Kamis presiden pengadilan Maria Thereza de Assis Moura menandatangani dokumen yang membuka jalan bagi penangkapan Robinho.

Para wartawan berbondong-bondong ke kondominium mewahnya di Guaruja, dekat Santos, tetapi penangkapannya tidak tertangkap kamera. Jaringan Globo kemudian menayangkan video singkat yang menunjukkan dia di dalam kantor polisi.

Baca juga : Mahkamah Agung Italia Perkuat Vonis 9 Tahun Penjara Bagi Robinho

Robinho akan dibawa ke penjara di Tremembe, sekitar 150 kilometer (95 mil) tenggara Sao Paulo, kota terpadat di negara itu, kata seorang petugas Polisi Federal kepada wartawan.

Pengacaranya telah mengajukan permintaan kepada Mahkamah Agung untuk membiarkannya tetap bebas sementara menantang keputusan pengadilan terbaru tersebut.

Namun Permintaan itu ditolak.(AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat