visitaaponce.com

Georgia vs Yunani, Menang Adu Penalti, Timnas Georgia Raih Tiket ke Piala Eropa 2024

Georgia vs Yunani, Menang Adu Penalti, Timnas Georgia Raih Tiket ke Piala Eropa 2024
Para pemain Georgia melakukan selebrasi usai menang adu penalti atas Yunani di laga playoff Piala Eropa 2024.(AFP/Giorgi ARJEVANIDZE)

TIMNAS Georgia lolos ke Piala Eropa 2024, Rabu (27/3) dini hari WIB, usai memenangi laga playoff melawan timnas Yunani dengan skor 4-2 di babak adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 0-0 di waktu normal dan babak tambahan waktu.

Nika Kvekveskiri melesakkan tendangan penalti penentuan di babak adu penalti yang membuat para pendukung Georgia menyerbu masuk lapangan di Stadion Boris Paichadze di Tblisi setelah dua eksekutor Yunani, Tasos Bakasetas dan Giorgios Giakoumakis, gagal menjalankan tugas mereka.

Kekalahan itu membuat Yunani, yang merupakan juara Piala Eropa 2004, harus menunggu untuk lolos ke turnamen akbar pertama mereka setelah Piala Dunia 2014.

Baca juga : Prancis Klaim Kemenangan Mereka Dicuri di Kandang Yunani

Berperingkat 77 dunia, Georgia bergabung di Grup F Piala Eropa 2024 bersama Turki, Portugal, dan Rep Ceko.

Piala Eropa 2024 menjadi penampilan pertama Georgia di turnamen akbar sejak negara berpenduduk 3,7 juta orang itu meraih kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991.

Setelah tidak pernah lolos ke Piala Eropa, pada 2020, Georgia nyaris melaju namun kalah di babak playoff kualifikasi usai kalah 1-0 dari timnas Makedonia Utara.

Baca juga : Alejandro Grimaldo Dipanggil untuk Pertama Kali ke Timnas Spanyol

Di babak kualifikasi Piala Eropa 2024, Georgia finis keempat dari lima tim di grup mereka setelah hanya meraih dua kemenangan yaitu atas tim juru kunci Siprus.

Namun, penampilan apik mereka di Liga Negara UEFA membuat mereka meraih tiket ke babak playoff. Georgia pun melaju ke laga final playoff usai mengalahkan Luxembourg di laga semifinal.

Ditukangi oleh mantan pemain timnas Prancis Willy Sagnol, Georgia memiliki satu pemain bintang yaitu penyerang Napoli Khvicha Kvaratskhelia.

Kvaratshhelia sudah tidak ada saat babak adu penalti setelah digantikan di babak tambahan waktu. (AFP/Z-1)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat