visitaaponce.com

Prancis Klaim Kemenangan Mereka Dicuri di Kandang Yunani

Prancis Klaim Kemenangan Mereka Dicuri di Kandang Yunani
Pelatih timnas Prancis Didier Deshchamps(AFP/Angelos Tzortzinis)

PELATIH timnas Prancis Didier Deschamps mengeluhkan tidak adanya teknologi garis gawang menyebabkan Les Bleus gagal menang di kandang Yunani di laga pamungkas kualifikasi Piala Eropa 2024, Rabu (22/11) dini hari WIB, setelah wasit tidak mengesahkan gol larut Kingsley Coman.

Skor pertandingan sama kuat 2-2 di menit akhir laga ketika tendangan Coman tanpaknya telah melewati garis gawang sebelum membentur tiang gawang dan ke luar lapangan.

Namun, hal itu tidak terlihat oleh wasit yang tidak memiliki teknologi garis gawang untuk membantu mereka.

Baca juga: Kroasia Lolos ke Piala Eropa 2024, Wales Harus Lewati Babak Playoff

"Ini adalah pertandingan level internasional. Laga ini sudah tidak menentukan namun bisa saja laga ini sangat penting," keluh Deschamps.

"Bermain di stadion tanpa teknologi garis gawang karena terlalu mahal tidaklah bisa diterima," lanjutnya sembari mengatakan wasit tidak bisa mengesahkan gol jika mereka hanya yakin 99% bahwa itu adalah gol.

Runner-up Piala Dunia 2022 itu telah mengamankan tiket ke Piala Eropa 2024 namun tetap bertekad membukukan rekor sempurna dari delapan laga di Grup A.

Baca juga: Antar Rep Ceko Lolos ke Piala Eropa 2024, Silhavy Mengundurkan Diri

Kemenangan atas Yunani juga akan membuat Prancis memuncaki peringkat dunia FIFA pada akhir tahun.

Dengan Kylian Mbappe diistirahatkan, tim tamu butuh tendangan jarak jauh gelandang Monaco Youssouf Fofana di menit 74 untuk membuat skor menjadi 2-2 melawan Yunani, yang merupakan juara Piala Eropa 2004.

Fofana juga berperan di gol pembuka Prancis, tiga menit sebelum jeda, ketika umpannya dilepaskan Olivier Giroud untuk disambar Randal Kolo Muani.

Yunani kemudian menyamakan kedudukan 11 menit setelah babak kedua bergulir lewat aksi kapten Tasos Bakasetas. 

Lima menit kemudian, Fotis Ioannidis membawa tim tuan rumah berbalik unggul memanfaatkan assist dari Dimitris Giannoulis.

Setelah Fofana menyamakan kedudukan, Mbappe, yang dimainkan sebagai pemain cadangan, nyaris mencetak gol namun upayanya berhasil ditahan kiper Yunani Odysseas Vlachodimos.

Yunani masih berpeluang lolos ke Piala Eropa 2024 lewat babak playoff. Mereka akan berhadapan dengan Kazakhstan di laga semifinal playoff sebelum bertemu pemenang antara Georgia dan Luxembourg di laga final playoff. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat