visitaaponce.com

Ukraina vs Islandia, Sempat Tertinggal, Ukraina Lolos ke Piala Eropa 2024

Ukraina vs Islandia, Sempat Tertinggal, Ukraina Lolos ke Piala Eropa 2024
Para pemain Ukraina melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Islandia di laga playoff Piala Eropa 2024.(AFP/Sergei GAPON)

TIMNAS Ukraina melaju ke Piala Eropa 2024 usai menang 2-1 atas Islandia, Rabu (27/3) dini hari WIB. Keberhasilan timnas Ukraina itu menjadi suntikan semangat bagi negara yang tengah dilanda perang akibat invasi Rusia pada Februari 2022 lalu.

Gol di babak kedua yang dicetak Viktor Tsygankov dan Mykhailo Mudryk memastikan Ukraina meraih kemenangan usai mereka tertinggal lebih dulu lewat gol Albert Gudmundsson.

"Terima kasih banyak, timnas Ukraina. Terima kasih untuk emosi positif bagi seluruh negeri. Terimas kaih untuk kemenangan penting yang memastikan tiket ke Piala Eropa. Terima kasih untuk kembali membuktikan bahwa setiap kali menghadapi kesulitan, Ukraina tidak pernah menyerah dan pada akhirnya akan menang," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui X.

Baca juga : Imbang dengan Ukraina, Italia Pastikan Tiket ke Piala Eropa 2024

"Kala musuh berusaha menghancurkan kita, kita menunjukkan siapa itu Ukraina. Terima kasih atas kemenangan ini," lanjutnya.

Ukraina, yang bertindak sebagai tuan rumah, memainkan laga di Wroclaw, Polandia, karena konflik yang melanda negara mereka, tampil dominan di 10 menit pertama laga.

Namun, Islandia malah yang nyaris unggul di menit 14 ketika Hakin Arnar Haraldsson memberikan umpan kepada Jon Dagur Thorsteinsson untuk menguji kiper Ukraina Andriy Lunin.

Baca juga : Cedera, Locatelli Dicoret dari Timnas Italia

Anak-anak asuhan Serhiy Rebrov berganti memiliki peluang namun upaya Vitaliy Mykolenko masih gagal menemui sasaran.

Islandia akhirnya unggul pada menit 30 lewat aksi Gudmundsson. Itu merupakan gol ke-10 Gudmundsson untuk timnas Islandia.

Pemain berusia 26 tahun itu melewati dua pemain belakang Ukraina sebelum melepaskan tendangan kaki kiri yang tidak bisa ditahan Lunin.

Baca juga : Pepe Kembali Dipanggil ke Timnas Portugal

Enam menit kemudian, Georgiy Sudakov menguji kiper Islandia Hakon Rafn Valdimarsson setelah kesalahan lini belakang Islandia.

Ukraina berhasil menjebol gawang Islandia pada menit 39 lewat aksi Roman Yaremchuk memanfaatkan umpan silang Tsygankov. Namun, gol itu dianulir VAR karena Tsygankov telah ebrada di posisi offside ketika menerima operan dari Sudakov.

Skor 1-0 untuk keunggulan Islandia atas Ukraina bertahan hingga jeda.

Baca juga : Gli Azzurri Lepas dari Tekanan di Piala Eropa 2024

Sembilan menit usai babak kedua bergulir, Tsygankov menyamakan kedudukan memanfaatkan umpan jarak jauh Sudakov.

Saat laga menyisakan 6 menit, Mudryk membawa Ukraina unggul memanfaatkan umpan Sudakov.

Skor 2-1 untuk kemenangan Ukraina atas Islandia bertahan hingga laga usai.

Di Piala Eropa 2024, Ukraina bergabung di Grup E bersama Belgia, Slovakia, dan Rumania. (AFP/Z-1)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat