visitaaponce.com

Bayer Leverkusen vs West Ham United, Leverkusen Menang Atas West Ham di Liga Europa

Bayer Leverkusen vs West Ham United, Leverkusen Menang Atas West Ham di Liga Europa
Bayer Leverkusen berhasil meraih kemenangan 2-0 melawan West Ham United dalam leg pertama perempat final Liga Europa mereka. (AFP)

JONAS Hofmann dan Victor Boniface mencetak gol setelah masuk sebagai pemain pengganti saat Bayer Leverkusen mengalahkan West Ham 2-0 di kandang mereka, Kamis, dalam pertandingan leg pertama perempat final Liga Europa.

Setelah membutuhkan gol di waktu tambahan dari Patrick Schick untuk memenangkan kedua leg pertandingan terakhir mereka melawan Qarabag, Leverkusen mendominasi tetapi gagal mencetak gol melawan tim tamu yang gigih.

Dengan 14 menit tersisa, pelatih Xabi Alonso memasukkan Hofmann dan Boniface dan langkah tersebut berhasil, dengan pemain asal Nigeria itu menghubungkan dengan pemain sayap Jerman tersebut untuk membuka skor pada menit ke-83.

Baca juga : Xabi Alonso Ingin Buat Keajaiban Bersama Bayer Leverkusen

Boniface kemudian menutup hasilnya di waktu tambahan, mencetak gol dari umpan silang Hofmann untuk kemenangan 2-0.

"Ini bukan keberuntungan, ini karena alasan tertentu," kata Alonso kepada para reporter tentang kebiasaan timnya memenangkan pertandingan di menit terakhir.

"Ketika skornya 0-0, Anda bisa berusaha berlebihan dan kehilangan kendali saat mencoba mencetak gol. Kami tidak ingin melakukan itu. Kami ingin tetap bersikeras dan terus berusaha."

Baca juga : Bayer Leverkusen vs Qarabag: 37 Laga, Xabi Alonso masih Menolak Kalah

Kemenangan ini melanjutkan apa yang bisa menjadi pekan yang menakjubkan bagi Leverkusen, yang unggul 16 poin dari Bayern Munich di Jerman dan bisa memenangkan gelar Bundesliga pertama mereka dengan mengalahkan Werder Bremen di kandang pada hari Minggu.

Alonso mengatakan kepada para reporter "antusiasme itu sangat besar -- tidak bisa lebih besar lagi."

"Kami punya kesempatan pada hari Minggu -- jika menang, kami menjadi juara. Kami harus menekan gas dan itu akan menjadi sesuatu yang sangat istimewa untuk dicapai."

Baca juga : Hajar Frankfurt, Leverkusen Kokoh di Puncak Klasemen Bundesliga

"Pendukung yang bernyanyi membuat saya merinding," kata Hofmann kepada jaringan TV Jerman RTL.

"Semuanya berarti untuk bisa mengangkat perisai pada akhir musim. Itu akan menjadi momen di mana mungkin beberapa air mata akan jatuh. Kami mungkin terlalu terharu, tetapi Anda perlu membiarkan emosi Anda mengalir."

West Ham, yang bertarung keras dengan sedikit penguasaan bola atau posisi lapangan, akan perlu menjadi tim pertama yang mengalahkan tim Alonso musim ini untuk kembali ke semifinal.

Baca juga : Bayer Leverkusen vs AS Roma, Laga Pembuktian Alonso untuk Mourinho

Pelatih West Ham, David Moyes, memuji lawan-lawannya.

"Kami bermain melawan tim level Liga Champions malam ini -- dan tim yang bagus juga," kata Moyes.

Pendekatan West Ham mirip dengan kunjungan terakhir mereka ke Freiburg di babak 16 besar, dengan para pemain Moyes duduk lebih dalam di luar rumah dengan harapan menentukan hal-hal di markas mereka sendiri, dengan harapan pemain kunci yang cedera, Jarrod Bowen, kembali ke tim mereka.

"Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mencetak satu gol -- satu gol dan kita akan melanjutkannya dari sana," kata Moyes tentang leg kedua."

Schick memiliki kesempatan untuk membawa tuan rumah unggul lebih dulu, membelakangi umpan Florian Wirtz setelah tujuh menit tetapi Lukasz Fabianski berada di posisi yang sempurna untuk menyelamatkan.

Fabianski perlu sedikit lebih akrobatik untuk menghentikan peluang berikutnya Leverkusen, kiper West Ham melompat untuk menghentikan usaha Amine Adli pada menit ke-11.

Dominasi tuan rumah terus berlanjut tanpa imbalan di babak kedua, Fabianski sekali lagi melompat secara akrobatik untuk menyelamatkan sundulan Schick yang ditempatkan secara sempurna dengan 20 menit tersisa.

Alonso akan dimaklumi jika dia mengalami kilas balik ke babak semifinal kompetisi ini musim lalu, di mana Roma Jose Mourinho menjungkirbalikkan Leverkusen dengan pendekatan yang sama.

Dengan pertandingan menuju ke arah hasil imbang tanpa gol, Alonso melakukan perubahan, memasukkan Boniface dan Hofmann.

Hofmann membuka skor pertama kali dari umpan silang Boniface sebelum menyiapkan gol waktu tambahan Boniface, menutup kemenangan lain untuk tim Alonso di menit akhir.

Selain membalikkan kekalahan dua gol, West Ham akan kekurangan personil di leg kedua bahkan jika Bowen kembali, dengan Emerson dan Lucas Paqueta kemungkinan akan absen setelah mendapatkan kartu kuning. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat