visitaaponce.com

Jersey KW Timnas Inggris dan Skotlandia Marak Dijual di Negeri Raja Charles

Jersey KW Timnas Inggris dan Skotlandia Marak Dijual di 'Negeri Raja Charles'
Jersey timnas Inggris yang menampilkan nama Jude Bellingham di bagian belakang.(AFP/Daniel LEAL)

TIMNAS Inggris dan timnas Skotlandia akan berlaga di Piala Eropa 2024, yang akan dimulai pada Minggu (16/6) dini hari WIB. Karenanya, penjualan jersey timnas kedua negara itu pun mulai marak.

Namun, mengingat jersey asli dijual seharga lebih dari 100 pound sterling (sekitar Rp2 juta), popularitas jersey KW yang jauh lebih murah semakin meningkat.

Di Britania Raya, menjual jersey KW adalah tindakan ilegal.

Baca juga : Gareth Southgate Akui Piala Eropa 2024 Mungkin Kesempatan Terakhir Persembahkan Gelar untuk Timnas Inggris

Perwakilan dari organisasi konsumen Which?, Lisa Webb, mengatakan, "Di negara ini, menjual benda itu adalah tindakan ilegal. Membeli benda palsu apa pun berarti Anda membelinya dari pelaku kriminal."

"Membeli barang palsu atau KW sangat menggiurkan mengingat betapa murahnya harganya dibandingkan yang asli. Namun, dengan membeli jersey KW, Anda bisa jadi membiayai terorisme atau perbudakan," lanjutnya.

Bulan lalu, seorang pria yang menjual jersey KW melalui media sosial diperintahkan untuk membayar ganti rugi sebesar 118 ribu pound sterling atau dijebloskan ke penjara.

Baca juga : Tony Kroos Optimistis Jude Bellingham Bisa Atasi Tekanan Ekspektasi Timnas Inggris

Perbandingan harga jersey asli dan KW

Jersey resmi timnas Inggris versi dri fit untuk dewasa, yang diproduksi Nike, dijual seharga 124,99 pound sterling sementara versi anak-anak dijual seharga 119,99 pound sterling.

Padahal jersey KW untuk anak-anak yang dijual secara daring bisa daidapatkan seharga 4 pound sterling hingga 14 pound sterling.

Adapun jersey kandang timnas Skotlandia, yang dibuat Adidas dijual seharga 75 pound sterling sementara versi KW-nya dijual seharga 13,17 pound sterling.

Baca juga : Gareth Southgate Tegaskan Timnas Inggris bukan Hanya Jude Bellingham

Penjualan jersey KW disebut merugikan Nike hingga 2,8 miliar pound sterling per tahun menurut penelitian Futurum Asia.

Seorang penggemar sepak bola mengatakan, "Saya bisa mendapatkan jersey KW untuk saya dan empat anak saya untuk harga satu jersey asli. Padahal, ada anak-anak yang menuntut orangtua mereka untuk membelikan jersey timnas Inggris. Saya beruntung karena saya bisa membeli jersey asli."

"Banyak orang yang kurang beruntung tidak bisa melakukan hal itu karena uang saat ini sukar didapat," lanjutnya. (bbc/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat