visitaaponce.com

500 Ultras Serbia Ramaikan Euro 2024, Suporter Inggris Diminta Waspada

500 Ultras Serbia Ramaikan Euro 2024, Suporter Inggris Diminta Waspada
Logo Euro 2024.(AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

APARAT keamanan di Jerman memperingatkan fans Inggris adanya 500 orang pasukan hooligan Serbia yang akan mendatangi pertandingan besar Euro 2024 pada hari Senin (17/6).

Diketahui, pertandingan pembuka Euro 2024 antara Inggris dan Serbia disebut beresiko tinggi oleh polisi Jerman.

Bahkan, sebanyak 1,300 petugas tambahan dikerahkan pada hari pertandingan pertama ajang bal-balan terbesar seantero Eropa itu.

Baca juga : Inggris Atasi Ukraina dengan Skor 2-0

Kelompok-kelompok ultras Serbia seperti Headhunters dan Gravediggers merupakan pendukung sepak bola yang paling ditakuti di Eropa.

Mereka secara teratur menyebabkan kerusuhan di jalanan dan perkelahian sengit di tribun penonton pada pertandingan internasional bahkan dengan menyerang lapangan dan menyerang pemain lawan.

Dilansir The Guardian, Inggris diperkirakan akan membawa 40.000 suporter ke pertandingan perdana Euro 2024.

Baca juga : Harry Kane Siap Pecahkan Rekor Gol di Timnas Inggris

Sementar Serbia akan kedatangan sekitar 6.500 suporter.

Kepala polisi Gelsenkirchen Peter Both mengatakan tantangan terbesar bagi kepolisian Jerman adalah mengidentifikasi kelompok-kelompok yang melakukan kekerasan dan mengganggu di laga awal Euro 2024.

Ia juga mengakui ada potensi ancaman teror di ajang Euro 2024. Namun, Peter menegaskan pihaknya siap mengamankan area sekitar pertandingan.

Baca juga : Jadwal Pertandingan Grup D Euro 2024

“Teroris ingin menimbulkan ketakutan. Kami mengatakan kepada semua tamu kami, jangan biarkan hal itu terjadi. Nikmati masa tinggal Anda di Jerman, dan pihak berwenang Jerman sudah siap,” papar Peter.

Menyoal bagaimana kepolisian akan menangani suporter Inggris, Peter menerangkan akan mendekati semua suporter Inggris dengan pikiran terbuka.

Ia juga berharap seluruh jajaran kepolisian Jerman akan memperlakukan suporter dengan adil dan proporsional.

Baca juga : Ada Penghormatan Khusus untuk Legenda Franz Beckenbauer di Pembukaan Piala Eropa 2024

Pihaknya hanya akan melakukan intervensi jika terjadi tindak pidana atau tindakan kriminal yang menganggu keselamatan publik.

“Nyanyian Sepuluh Pembom Jerman bukanlah tindakan kriminal. Itu tidak dilarang di Jerman. Itu bodoh. Itu lagu yang bodoh. Pelatih tim nasional Inggris mengatakan hal itu dan dia memang benar. Itu konyol. Itu lagu yang bodoh, tapi tidak dilarang,” tegasnya.

Adapun Timnas Inggris akan menghadapi Serbia pada Minggu, 16 Juni. Setelah itu, The Three Lions akan melawan Denmark pada 20 Juni dan Slovenia pada 25 Juni. (Ykb)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat