visitaaponce.com

Pesawat Ruang Angkasa UEA akan Jelajahi Sabuk Asteroid

Pesawat Ruang Angkasa UEA akan Jelajahi Sabuk Asteroid
Burj Khalifa Dubai menyala pada 9 Februari 2021 saat wahana UEA Al-Amal-- bahasa Arab untuk Harapan--mencapai Mars.(AFP/Giuseppe Cacace.)

UNI Emirat Arab akan meluncurkan pesawat ruang angkasa untuk menjelajahi sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter. Ini dilakukan setelah wahana penyelidikan UEA mencapai planet merah pada awal tahun ini.

Perjalanan lima tahun dari 2028 itu akan melintasi 3,6 miliar kilometer dengan bantuan gravitasi dari Bumi dan Venus untuk mencapai sabuk asteroid utama di luar Mars. "Misi itu akan melakukan pendekatan pertama di orbit Venus pada pertengahan 2028 diikuti orbit dekat Bumi pada pertengahan 2029," kata Badan Antariksa UEA dalam suatu pernyataan, Selasa (5/10).

"Ini akan membuat penerbangan pertama dari objek sabuk asteroid utama pada 2030, akan mengamati total tujuh asteroid sabuk utama sebelum pendaratan terakhirnya di asteroid sekitar 560 juta kilometer dari Bumi pada 2033." UEA terdiri dari tujuh emirat termasuk ibu kota Abu Dhabi dan Dubai merupakan pendatang baru di dunia eksplorasi ruang angkasa.

Pada September 2019, negara kaya minyak itu mengirim warga UEA pertama ke luar angkasa sebagai bagian dari tiga awak yang meluncur dengan roket Soyuz dari Kazakhstan. Kemudian pada Februari 2021, wahana Hope berhasil memasuki orbit Mars dalam perjalanan mengungkap rahasia cuaca Mars dalam misi antarplanet pertama di dunia Arab.

UEA juga memiliki rencana untuk mengirim rover tak berawak ke bulan pada 2024. Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed, pemimpin de facto UEA, mengatakan bahwa peluncuran proyek baru itu menetapkan tujuan baru yang ambisius bagi negara tersebut. 

Baca juga: Tiongkok akan Luncurkan Roket Berat pada 2028

"UEA bertekad untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi eksplorasi ruang angkasa, penelitian ilmiah, dan pemahaman kita tentang tata surya," cuitnya. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat