visitaaponce.com

Dukung Pemulihan Pendidikan dengan Hadirkan Webcam Canggih

Dukung Pemulihan Pendidikan dengan Hadirkan Webcam Canggih
Video Collaboration Lead Logitech Indonesia, Bayu Eko Susetio(Dok. Logitech)

PANDEMI telah memengaruhi hampir semua aspek kehidupan manusia, termasuk di sektor pendidikan. Pembelajaran tatap muka yang sebelumnya menjadi pilihan utama mulai bergeser pada metode pembelajaran online atau atau pun hybrid dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Meski dinilai masih belum efektif, pembelajaran hybrid menjadi tren dan merupakan metode pembelajaran masa depan. Lantas kebutuhan teknologi pendukung seperti conference cams, webcams dan lainnya menjadi solusi yang juga bisa mendukung upaya pemulihan pendidikan.

"Kita ada beberapa program, termasuk program Back to School dari Logitech. Itu salah satu program yang memang kita inisiasi untuk sekolah-sekolah, baik SD SMP SMA maupun vokalis seperti SMK," ujar Video Collaboration Lead Logitech Indonesia, Bayu Eko Susetio dalam keterangannya, Senin (30/5).

Baca juga: Ini Fitur yang Hanya ada di iPhone 14 Pro

Program yang sudah berjalan selama kurang lebih setahun itu menyasar banyak lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran hybrid. Bahkan, Logitech bekerja sama dengan pendidikan nonformal seperti lembaga kursus yang juga terdampak pandemi.

Menurutnya Bayu, pihaknya memang sudah concern pada metode hybrid untuk kebutuhan di sektor pendidikan dan industri. Sejak sebelum pandemi, pandemi dan pascapandemi Logitech terus menghadirkan inovasi terbaru dari produk-produk kamera konferensi atau pun webcam.

"Program ini kita gak hanya satu tahun aja tapi regular tiap tahun. Kita tidak menyasar hanya sekolah formal tapi juga informal seperti kursus. Ke depan kita juga menyasar platform-platform edukasi atau edutech ya," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa Logitech telah membawa solusi komunikasi video dengan kualitas HD ke dalam ruangan. Webcam HD seperti Logitech BRIO memungkinkan kolaborasi untuk meeting dan pembelajaran hybrid karena dilengkapi teknologi canggih seperti speaker view, wide lens dan lainnya.

Selain itu, inovasi yang dihadirkan tidak serta merta meninggalkan metode tradisional seperti penggunaan papan tulis atau white board. Logitech Scribe merupakan kamera white board yang didukung kecerdasan artifisial untuk bisa berbagi tampilan papan tulis dengan mudah.

"Dengan kecerdasan artifisial internal dan lensa built-in, Scribe dapat membagikan konten white board dengan sangat jelas," kata dia.

Dia berharap kehadiran teknologi canggih yang mendukung pembelajaran hingga dunia kerja bisa benar-benar dimaksimalkan. Apalagi, semua produk kamera sudah terstandarisasi sehingga bisa terhubung ke berbagai platform atau device seperti Zoom, Google Meet dan lainnya. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat