visitaaponce.com

Sony akan Bangkitkan Kejayaan PS Vita dan PS Portable

Sony akan Bangkitkan Kejayaan PS Vita dan PS Portable
Logo Sony di CP+ Camera & Photo Imaging Show, Yokohama, Jepang.(AFP/PHILIP FONG)

Asus ROG Ally bakal meramaikan kategori perangkat gaming jenis handheld yang dibangkitkan oleh Nintendo Switch beberapa tahun lalu. Kini kabar Sony PlayStation juga akan melakukan hal yang sama.

Sony PlayStation dirumorkan bakal membangkitkan kembali kejayaan dari PS Vita dan PS Portable. Sony disebut sedang melakukan uji coba dari perangkat yang diberi codename Q Lite. 

Meskipun begitu Sony Q Lite tidak akan menjadi perangkat mandiri seperti Nintendo Switch maupun Asus ROG Ally dan Steam Deck. Perangkat handheld gaming Sony akan tetap membutuhkan ketersediaan PlayStation 5 (PS5).

Baca juga: ROG Ally Bakal Jadi Pesaing Steam Deck

Dikutip dari situs Insider Gaming, Sony Q Lite membutuhkan Remote Play dari PlayStation 5, fitur yang beberapa waktu belakangan dikampanyekan Sony. Fitur ini memungkinkan game PlayStation dimainkan di perangkat tersebut.

Sony Q Lite disebutkan akan memiliki desain kontroler yang mirip dengan PS5 DualSense namun di bagian tengah ada panel layar sentuh berukuran 8 inci. Semua fitut kontrol PS5 DualSense disebut akan hadir di sini termasuk adaptive trigger.

Perangkat ini dikabarkan bakal diperkenalkan sebelum pengumuman PS5 Pro dan sesudah peluncuran aksesori detachable disc drive PS5. Belum diketahui juga Sony Q Lite akan dipasarkan di semua negara operasional Sony PlayStation atau tidak seperti Steam Deck.

Baca juga: Drama Kekurangan Pasokan PlayStation 5 Usai

Sebelumnya Asus mengejutkan industri game karena mengunggah ROG Ally di tanggal yang bertepatan dengan April Mop. Handheld gaming ini memiliki kemampuan berbeda dari Nintendo Switch tapi setara dengan Steam Deck.

Asus ROG Ally akan bisa memainkan game PC dengan kualitas grafis sepadan dengan PC. Perangkat ini juga bisa terhubung ke eksternal GPU sehingga grafisnya makin powerful. Asus sendiri belum mengumumkan tanggal rilis resmi serta kisaran harga yang ditawarkan. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat