visitaaponce.com

Baterai iPhone 14 Dikeluhkan Terkuras dengan Cepat

Baterai iPhone 14 Dikeluhkan Terkuras dengan Cepat
Jajaran iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.(AFP/BRITTANY HOSEA-SMALL )

Sejumlah pemilik iPhone 14 dan iPhone 14 Pro mengeluhkan bahwa ponsel yang dirilis hampir satu tahun lalu ini sudah mengalami penurunan daya tahan baterai secara signifikan, dilaporkan menurun hingga kapasitas maksimum 90 persen.

Penurunan baterai iPhone 14 Pro tersebut disampaikan oleh Sam Kohl dari AppleTrack melalui akun X (sebelumnya Twitter) pada bulan Juli 2023 lalu. Mengutip The Verge, Kohl juga menyebut bahwa penurunan daya baterai ini lebih cepat dibandingkan dengan iPhone model sebelumnya yang ia punya.

Utas X Kohl juga menampilkan pengguna iPhone 14 series lain yang turut mengalami permasalahan serupa. Kohl melanjutkan pembahasan ini dengan unggahan video terkait permasalahan ini, mengaku kesulitan untuk merekomendasikan ponsel tersebut, terutama mengingat ponsel ini dipasarkan dengan harga USD999 (Rp15,3 juta).

Baca juga: iPhone 15 Pro Dikabarkan Menggunakan Bezel Tipis dan Bingkai Titanium

Secara resmi, Apple menyebut baterai iPhone seharusnya mampu mempertahankan hingga 80 persen dari kapasitas orisinalnya pada siklus pengisian daya lengkap sebanyak 500 kali. iPhone 15 series diperkirakan akan segera diluncurkan, dan rumor terbaru mengklaim seri ini akan mengusung peningkatan performa baterai 10 hingga 80 persen dibandingkan iPhone 14.

Kolumnis teknologi senior Wall Street Journal menuliskan pada newsletter karyanya pada pekan ini bahwa iPhone 14 Pro miliknya menampilkan kapasitas baterai 88 persen. Beberapa pengguna lain mengeluhkan kapasitas baterai iPhone 14 Pro mengalami penurunan menjadi 93 persen dan 91 persen, sedangkan lainnya 97 persen.

Dalam tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar pengguna tidak mengalami penurunan kapasitas baterai setidaknya hingga dua tahun penggunaan. Sebagai informasi, fitur pengawas kesehatan baterai untuk iPhone ditambahkan pada update iOS 11.3.

Baca juga: Ini Masalah yang Sering Dialami Pengguna iPhone

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan perlambatan performa yang merupakan ciri khas dari permasalahan baterai, disebut Apple sebagai langkah untuk melindungi iPhone dari penuaan baterai, namun menjadi sumber berbagai tuntutan yang harus diselesaikan Apple.

Menurut bocoran informasi dari sumber sebelumnya, iPhone 15 Pro dan Pro Mac masih akan didukung oleh RAM 6GB. Leakster pemilik akun X (sebelumnya Twitter) URedditor mengungkap masih terdapat peluang bagi Apple untuk merilis iPhone dengan dukungan RAM 8GB pada tahun 2023 ini.

Chipset A17 Bionic baru dikabarkan telah diuji pada RAM 6GB dan 8GB, baik di model iPhone 15 Pro maupun iPhone 15 Pro Max. Sumber informasi ini mengaku tidak yakin terkait kapasitas RAM yang dipilih oleh Apple.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat