visitaaponce.com

Pusat Data Jadi Tulang Punggung Ekosistem Digital

Pusat Data Jadi Tulang Punggung Ekosistem Digital
Dalam beberapa tahun mendatang pusat data akan jadi tulang punggung bagi ekosistem digital yang semakin kompleks.(Ist)

JAKARTA, sebagai ibu kota dan pusat ekonomi Indonesia, kini memasuki babak baru evolusi digital. Karena itu, perkembangan pusat data (data center) menjadi penting dalam memasuki evolusi tersebut.

Menurut Head of Sales & Marketing dari Bersama Digital Data Centres Ellen Suryani Lim, dalam beberapa tahun mendatang data center akan menjadi tulang punggung bagi ekosistem digital yang semakin kompleks di Indonesia terutama Jakarta sebagai sentral bisnis dan aktivitas.

“Jakarta membutuhkan data center dengan standar global dan keamanan maksimum agar digitalisasi terus berjalan dan data terlindungi,” ujar Ellen dalam siaran persnya, Jumat (15/8).

Baca juga: Summit Satu Data Indonesia 2023: Tata Kelola Keamanan Siber Jadi Prioritas

Selain itu, data center dibutuhkan untuk memperkuat interkoneksi bagi pelanggan sehingga terhubung dengan cepat, aman, dan efisien.

Data center yang handal serta ekosistem interkoneksi yang baik dapat mendorong pertumbuhan dan inovasi digital terus maju dan berperan pada peta dunia digital," lanjut Ellen.

Ellen juga menjelaskan sebagai ibu kota dengan penduduk dan aktivitas bisnis tinggi, keberadaan pusat data di Jakarta memiliki arti penting.

Pertama, dengan data center, keterlambatan akses data menjadi lebih kecil, serta memungkinkan transaksi dan operasi bisnis menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien.

Kedua, untuk urusan keamanan data. Memiliki pusat data di dalam negeri dapat meningkatkan perlindungan data dan informasi penting negara. 

Ketiga, bisa melakukan optimalisasi layanan cloud. Pasalnya, layanan berbasis cloud sangat bergantung pada interkonektivitas. "Pusat data memastikan layanan ini bisa diakses dengan cepat, stabil dan efisien."

Baca juga: Ekosistem Pusat Data Punya Banyak Tantangan

Terakhir, pusat data bisa menjadi stimulan bagi ekonomi lokal dengan meningkatkan peluang kerja dan menarik investasi, antara lain melalui aplikasi e-commerce hingga media sosial.

Terkait isu seperti efisiensi energi, cybersecurity, dan keberlanjutan infrastruktur digital, Jakarta harus inovatif mengembangkan pusat data ramah lingkungan dan tahan terhadap ancaman siber.

Menurut Ellen, peningkatan infrastruktur digital merupakan langkah strategis Jakarta dalam mempersiapkan diri menjadi kota global yang berdaya saing.

"Sebagai jantung Indonesia, Jakarta harus berperan krusial membentuk masa depan digital negara ini dengan terus meningkatkan kapasitas sebagai pusat data dan memastikan Indonesia tidak hanya bersaing, tapi juga memimpin di era digital Asia Tenggara,” tutupnya. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat