visitaaponce.com

BDCC Siapkan Infrastruktur Data Center untuk Kebutuhan AI

BDCC Siapkan Infrastruktur Data Center untuk Kebutuhan AI
Bersama Digital Data Centres (BDDC) akan mengembangkan infrastruktur data center yang mendukung guna kebutuhan artificial intelligence (AI).(Ist)

BERSAMA Digital Data Centres (BDDC), perusahaan data center berpusat di Jakarta, mengumumkan pengembangan infrastruktur data center yang mendukung untuk kebutuhan artificial intelligence (AI).

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap peningkatan permintaan teknologi AI yang memerlukan pasokan listrik dan konsumsi pendinginan lebih besar.

Baca juga: Bisnis Pusat Data Melesat, Kota Deltamas Hadirkan Kawasan Khusus

“Kami menyadari AI adalah masa depan teknologi. Karena itu, kami berkomitmen membangun infrastruktur yang tidak hanya canggih, tetapi juga memanfaatkan renewable energy sehingga ramah terhadap lingkungan. Dengan total kapasitas 60 MW, kami siap memajukan infrastruktur AI," ungkap Direktur Business & Commercial BDDC A Yudha Permana melalui keterangan tertulis, hari ini.

Ia mengatakan proyek ini akan mencakup pengembangan data center dengan kapasitas penyimpanan dan pemrosesan tinggi, didukung oleh teknologi sistem pendinginan yang inovatif untuk menjamin efisiensi energi.

Chief Operating Officer (COO) BDDC Christine Ratna menyatakan langkah BDCC ini merupakan tonggak penting dalam industri data di Indonesia. “Ini bukan hanya tentang membangun infrastruktur fisik, tetapi juga tentang mempersiapkan Indonesia dalam era AI,” ujar Christine.

Baca juga: Visi Indonesia Digital 2045 Wujudkan Ekonomi Digital yang Inklusif

Proyek tersebut ditargetkan selesai tahun ini dan siap untuk mendukung berbagai perusahaan yang mengandalkan AI, mulai dari startup hingga perusahaan-perusahaan besar. BDDC berharap ini akan berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

“Kami meningkatkan skalabilitas penyimpanan data dengan tujuan menjadi salah satu penyelenggara pemrosesan AI, serta menyesuaikan dengan pertumbuhannya di masa depan bagi para pengguna,” tambahnya.

Dengan inisiatif ini, BDDC tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pemimpin pada sektor data center, tetapi juga mendukung transformasi digital Indonesia menuju era AI.

"Dengan penyelesaian proyek ini, kami siap mendukung perkembangan AI. Ini menandakan langkah besar bagi Indonesia dalam menyambut tahun baru dengan teknologi yang lebih maju," pungkas Christine. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat