visitaaponce.com

Ini Pentingnya Backup Data Dalam Transformasi Digital Pelaku UMKM

Ini Pentingnya Backup Data Dalam Transformasi Digital Pelaku UMKM
Ilustrasi keamanan data(Dok. Synology)

TRANSFORMASI digital yang semakin masif juga turut meningkatkan ancaman serangan siber, seperti ransomware yang dapat mengenkripsi data korban dan meminta tebusan.

Meski demikian, aspek keamanan data masih menjadi isu sampingan bagi pelaku bisnis di Indonesia, terutama UMKM/. Salah satu hal sederhana ialah pencadangan (backup) data. Padahal, kehilangan data bisa berakibat fatal dan membutuhkan biaya lebih besar dibanding investasi digitalisasi.

Platform penyedia keamanan data, Synology mencatat, UMKM membutuhkan solusi keamanan data yang terjangkau dan mudah terintegrasi dengan sistem yang ada. 

Baca juga : Talenta Teknologi Lokal Bangkitkan Perkembangan Digital Indonesia

“Kepraktisan juga menjadi faktor penting. UMKM yang umumnya memiliki sumber daya terbatas membutuhkan solusi yang mudah untuk dipelajari dan dikelola, dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang intuitif untuk memudahkan dalam pemeliharaan sistem backup,” tulis Synology dalam keterangannya.

Konsep backup 3-2-1 sering kali dijadikan acuan dalam menerapkan solusi backup yang efektif. Konsep ini menyarankan setidaknya ada tiga salinan data, disimpan dalam dua format berbeda, dengan satu salinan di lokasi terpisah. 

Baca juga : Dari Juru Tulis Menjadi Videografer, Ini Kisah Saksi Transformasi Digital Media Indonesia

Namun, konsep ini mungkin tidak sepenuhnya sesuai untuk semua jenis bisnis, khususnya UMKM yang memiliki keterbatasan sumber daya dibandingkan dengan perusahaan besar. Maka dari itu, sangatlah penting bagi setiap bisnis untuk memilih solusi backup yang paling cocok dengan infrastruktur dan kebutuhan mereka.

Synolog menawarkan penyimpanan yang kapasitasnya dapat disesuaikan, juga solusi backup terintegrasi yang komprehensif, cocok untuk berbagai jenis platform dan perangkat.

“Kelebihan utama Synology terletak pada biaya yang ekonomis, kompatibilitas yang luas, dan kapasitas yang dapat disesuaikan. Berbeda dari solusi backup tradisional, Synology menyajikan sistem backup terpusat yang dapat beroperasi lintas platform, dilengkapi dengan teknologi seperti deduplikasi global yang meningkatkan efisiensi penggunaan ruang penyimpanan,” jelas Synology.

Selain itu, antarmuka pengguna yang ramah memudahkan penggunaan bagi UMKM, yang sering kali tidak memiliki pengalaman teknis mendalam. Fleksibilitas dan transparansi harga dari Synology memastikan bahwa UMKM dapat memilih solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.
 
“Di era digital ini, backup data adalah sebuah keharusan, tidak hanya bagi perusahaan besar tetapi juga bagi UMKM. Dengan meningkatnya ancaman siber, solusi yang efisien dan efektif seperti yang ditawarkan oleh Synology sangat penting untuk menjamin perlindungan aset digital,” pungkas Synology. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat