visitaaponce.com

Mengintip Spesifikasi, Fitur, dan Kelebihan Meta Quest 3

Mengintip Spesifikasi, Fitur, dan Kelebihan Meta Quest 3
Meta Quest 3 saat ini menjadi perhatian para penggemar VR. Ini spesifikasi, fitur, dan kelebihannya. (AFP)

PERKEMBANGAN teknologi realitas virtual (VR) telah mengalami kemajuan yang signifikan dalam tahun-tahun terakhir. Salah satu yang menarik perhatian terkini ialah Meta Quest 3.

Perangkat ini merupakan penerus dari Quest 2 yang sangat sukses. Meta Quest 3 telah menjadi topik hangat di kalangan para penggemar VR.

Spesifikasi Meta Quest 3

Penyimpanan dan chipset

Meta Quest 3 hadir dengan dua pilihan penyimpanan, yakni 128GB dan 512GB. Prosesor terbaru yang menggerakkan headset VR ini adalah Qualcomm Snapdragon XR2 Gen 2. Meta menyatakan Quest 3 memiliki kemampuan pemrosesan grafis dua kali lebih banyak dari Meta Quest 2. Selain itu, Meta Quest 3 mengalami peningkatan RAM menjadi 8GB dari sebelumnya 6GB pada Quest 2, meskipun kapasitasnya masih lebih kecil dibandingkan RAM 12GB yang dimiliki oleh Meta Quest Pro.

Baca juga : Spesifikasi dan Fitur Honda Stylo 160, Segini Harganya

Layar Dengan 4K+

Meta Quest 3 membawa inovasi dalam tampilan dengan memanfaatkan dua LCD dan optik pancake untuk mencapai resolusi 2.064 x 2.208 piksel per mata, yang disebut Meta sebagai 4K+ Infinite Display. Menurut Meta, peningkatan ini meningkatkan resolusi Quest 3 sekitar 30% dibandingkan dengan Meta Quest 2. Spesifikasi tambahan mencakup 1.218 piksel per inci (PPI) dan 25 piksel per derajat (PPD) untuk virtual reality.

Namun, saat menggunakan full color passthrough video pada headset, resolusi sedikit menurun menjadi 18 PPD dari sebelumnya 25 PPD untuk mixed reality, yang didukung oleh dua kamera RGB. Meskipun demikian, Meta menyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan, dengan 10 kali lebih banyak piksel di Passthrough dibandingkan dengan Quest 2 dan 3 kali lebih banyak piksel dibandingkan dengan Quest Pro.

Selain itu, Quest 3 juga menawarkan kecepatan refresh 120Hz eksperimental, bersamaan dengan kecepatan refresh 90Hz aslinya. Meskipun saat ini Quest 3 mencapai 120Hz, Meta menyiratkan bahwa pembaruan di masa depan mungkin akan memungkinkannya mencapai 144Hz.

Baca juga : Pejuang Skripsi Wajib Nyimak! Begini Cara Mudah Bikin Halaman di Microsoft Word

Ketahanan baterai

Menurut Meta, daya tahan baterai Meta Quest 3 tidak mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Quest 2. Meta menyatakan Quest 3 memiliki daya tahan baterai yang serupa dengan Quest 2, yaitu sekitar 2,9 jam ketika digunakan hanya untuk konsumsi media. Dengan menggunakan pengisi daya 18W yang disertakan, headset VR ini dapat terisi penuh dari 0% dalam waktu dua jam, yang juga sebanding dengan waktu pengisian daya yang dibutuhkan untuk Quest 2.

Desain Meta Quest 3

Meta Quest 3 telah melalui perombakan menyeluruh dari luar hingga dalam. Meskipun desain dasarnya mirip dengan Quest 2, terdapat peningkatan signifikan pada profil optiknya, yang berkurang sekitar 40% terutama karena penggunaan lensa pancake. Penambahan Lens Distance Adjustment Wheel memungkinkan penyesuaian yang lebih baik untuk interpupillary distance (IPD). 

Headset ini dapat menyesuaikan IPD antara 53 dan 75 mm. Fitur ini juga menghilangkan kebutuhan untuk sisipan jarak kacamata yang diperlukan pada Quest 2, berkat adanya penyesuaian kedalaman dan kacamata bawaan.

Baca juga : Trending di Media Sosial, Ternyata ChatGPT Punya Fitur Baru Loh!

Speaker pada Meta Quest 3 telah ditingkatkan untuk menghadirkan pengalaman audio yang lebih baik. Rentang audio Quest 3 menjadi 40% lebih keras dibandingkan dengan Quest 2, dan mampu menghasilkan musik spasial 3D dengan kejernihan dan bass yang lebih baik. Untuk meningkatkan pengalaman audio lebih lanjut, pengguna dapat menggunakan jack headphone 3,5 mm untuk menghubungkan headphone pribadi mereka.

Tali headset VR Quest 3 tersedia dalam bentuk tali yang lembut sebagai fitur standar, sementara Elite Strap yang lebih kokoh dapat dibeli sebagai opsi tambahan dengan harga US$69. Meskipun desainnya hampir sama dengan Quest 2, tali ini telah dimodifikasi sedikit untuk meningkatkan kenyamanan.

Kontroler Meta Quest 3, yang disebut sebagai Touch Plus, telah ditingkatkan untuk meningkatkan ergonomi. Kontroler ini juga dilengkapi dengan haptics TruTouch untuk memberikan pengalaman yang lebih realistis dan imersif. Namun, penggunaan baterai AA sekali pakai untuk kontroler ini dianggap merepotkan oleh sebagian pengguna.

Baca juga : Pakar Memprediksi Sistem KPU Tanpa Fitur Pemeriksaan Kesalahan

Dengan biaya tambahan sebesar US$129, headset VR ini juga dilengkapi dengan Meta Quest Charging Dock. Docking station ini memiliki bantalan kontak di bagian bawah headset untuk pengisian daya nirkabel, dan dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang untuk kontroler.

Fitur Meta Quest 3

Fitur utama yang menjadi sorotan dari Quest 3 adalah kemampuan mixed reality yang diperkenalkan melalui passthrough video penuh warna di headset. Dengan hanya mengetuk dua kali pada sisi headset, pengguna dapat dengan mudah beralih antara pengalaman konten VR yang mendalam dan pengalaman AR yang dihadirkan melalui passthrough dengan holografi yang memukau.

Selain itu, Quest 3 juga memberikan akses penuh ke perpustakaan konten Quest 2, termasuk semua game terbaik dari Meta Quest 2. Pengguna akan menemukan beragam pengalaman baru karena lebih dari 100 aplikasi Quest 3 baru serta peningkatan pada aplikasi Quest 2 akan tersedia di Meta Quest 3 hingga akhir tahun.

Baca juga : Mark Zuckerberg Sebut Quest 3 Lebih Baik dari Vision Pro

Quest Link dan Air Link memungkinkan Quest 3 untuk tetap kompatibel dengan PC VR Quest 2 pada PC Windows, yang berarti pengguna memiliki akses ke hampir semua game VR terbaik yang tersedia di pasar saat ini.

Kelebihan dari Meta Quest 3

1. Ringan 

Quest 3 memiliki distribusi bobot yang lebih baik, membuatnya terasa lebih ringan dan nyaman saat digunakan di kepala. Sebaliknya, Vision Pro terasa agak berat dan tidak memiliki distribusi berat yang optimal.

2. Bahan Material Murah

Bahan yang digunakan pada Quest 3 lebih ekonomis, dengan penggunaan tali nilon dan poliester yang tipis serta rangka plastik, berbeda dengan Vision Pro.

Baca juga : 10 Rekomendasi Game PS5 Terbaik dengan Grafis Mengagumkan dan Seru

3. Permainan

Pengguna Quest 3 dapat mengakses Quest Store dan dengan menggunakan kabel USB-C yang panjang serta laptop gaming yang mendukung VR, mereka dapat menikmati beragam game AR/VR yang tersedia di platform Steam.

4. Nirkabel 

Quest 3 merupakan headset yang sepenuhnya nirkabel, sehingga tidak memerlukan koneksi ke stopkontak atau sumber daya listrik lainnya.

5. Baterai 

Meta Quest 3 memiliki daya tahan baterai yang sebanding dengan Vision Pro, berkisar antara 2 hingga 2,5 jam dalam penggunaan normal.

Baca juga : Spesifikasi, Kelebihan, dan Kelemahan Vision Pro, Kacamata Canggih Terbaru Apple

6. Integrasi Platform

Quest 3 menawarkan aplikasi YouTube dan Netflix yang dapat diakses langsung, sedangkan lawannya, Vision Pro, tidak memiliki aplikasi resmi untuk kedua platform tersebut. Meskipun pengguna Vision Pro masih dapat mengakses YouTube dan Netflix melalui browser, keberadaan aplikasi resmi merupakan keunggulan yang signifikan bagi Quest 3.

7. Harga

Meta Quest 3 dijual dengan harga sekitar US$499 atau sekitar Rp7,810,896. (Z-3)

Baca juga : Steelseries Luncurkan Headset Gaming Spesial Imlek, Ini Fitur Unggulannya

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat