visitaaponce.com

Mengintip Teknologi Terkini di MWC 2024

Mengintip Teknologi Terkini di MWC 2024
Sejumlah perusahaan teknologi menghadirkan perangkat dan inovasi terkini mereka di Mobile World Congress (WMC) 2024 di Barcelona, Spanyol.(AFP)

SEJUMLAH teknologi terkini dan canggih dari seluruh dunia ditampilkan pada Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol, 26-29 Februari. 

Dari operator mobile terkemuka hingga produsen perangkat dan penyedia teknologi, semua berkumpul di Fira Gran Via untuk merayakan kemajuan teknologi masa depan.

Tahun ini, MWC 2024 menghadirkan sekitar 2.400 peserta dan 1.100 pembicara, termasuk hampir mencapai 300 perusahaan dari China seperti Huawei, Xiaomi, dan ZTE. 

Baca juga : Laptop Asus Zenbook Duo Segera Dirilis, Punya Dua Layar Sentuh OLED

Selain menjadi panggung bagi perusahaan-perusahaan raksasa, MWC menjadi ajang bagi produsen ponsel domestik seperti Xiaomi dan Honor memperkenalkan produk terbaru mereka kepada audiens global.

Berikut deretan teknologi terbaru di MWC 2024

1. Lenovo ThinkPad 

Lenovo memperkenalkan tiga varian terbaru dari laptop ThinkPad seri T. Ketiga model tersebut adalah ThinkPad T14 Gen5, ThinkPad T14s Gen 5, dan ThinkPad T16 Gen 3, yang semuanya dilengkapi dengan prosesor Intel Core Ultra (atau opsi AMD Ryzen 8040 untuk T14 Gen 5).

Lenovo juga memperkenalkan panel komunikasi baru pada ketiga laptop ini, yang memungkinkan penempatan kamera dan mikrofon pada sebagian bezel atas. Hal ini memberikan desain bezel atas yang lebih ramping dan rasio layar yang lebih tinggi pada ketiga laptop tersebut, menyusul penggunaan fitur serupa pada model ThinkPad lainnya seperti X1 Carbon dan X1 Nano.

Baca juga : Perkuat Transformasi Digital, DTI-CX 2024 bakal Digelar

2. Laptop transparan versi Lenovo

Lenovo juga memperkenalkan perangkat futuristis berupa laptop konsep ThinkBook Transparent Display. Perangkat notebook ini hadir dengan layar 17,3 inci yang transparan, memungkinkan pengguna untuk melihat melalui layar secara langsung.

Keistimewaan utamanya adalah layar MicroLED 17,3 inci yang tidak memiliki bingkai, memberikan tingkat transparansi hingga 55% ketika pikselnya dimatikan dan berwarna hitam. Namun, ketika piksel menyala, layar menjadi tidak tembus pandang, menghasilkan permukaan putih yang buram dengan kecerahan puncak mencapai 1.000 nits.

3. E- Color Shift dari Infinix

Infinix memperkenalkan E-Color Shift, sebuah ponsel konsep yang memungkinkan bodi Hp berubah warna seperti panel display tanpa menghabiskan daya. Teknologi E-Color Shift dari Infinix menggunakan E Ink Prism 3 yang memperbaharui personalisasi ponsel pintar dengan menyesuaikan ekstensif pada panel belakang berkat struktur mikro di mana partikel warna membawa muatan positif dan negatif.

Baca juga : 20 Seri HP OPPO Terbaru Paling Memukau

Sementara itu, Avenir Telecom akan memamerkan teknologi smartphone yang diintegrasikan ke dalam baterai berkapasitas besar 28.000mAh, yang diberi nama Hard Case P28K dan akan dipasarkan di bawah merek Energizer. Perusahaan ini mengklaim bahwa baterai P28K mampu bertahan selama satu minggu penuh untuk penggunaan biasa dengan peringkat IP69. Dengan kapasitas baterai yang besar, ponsel ini mampu melakukan panggilan telepon hingga 122 jam dan bertahan tanpa perlu pengisian daya selama 94 hari.

4. Samsung Galaxy Ring

Selain deretan ponsel baru yang dibawanya seperti Galaxy S24 Series, Samsung menghadirkan Galaxy Ring. Galaxy Ring merupakan rangkaian "experience kesehatan tanpa batas" yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan (AI) yang dikutip dari pernyataan resmi  Samsung.

5. Ponsel melengkung Motorola

Motorola memperkenalkan ponsel konsep revolusioner yang memiliki kemampuan melengkung dan dapat dipasang di pergelangan tangan berkat adanya gelang magnetik terpasang di perangkat tersebut. Ponsel pintar ini dibuat menggunakan layar OLED yang super fleksibel dan sangat memungkinkan untuk ditekuk ke belakang, sehingga pnsel ini sangat cocok untuk digunakan di sekitar pergelangan tangan. 

Baca juga : Acer Kembali Raih Top Brand Award dan ICSAA 2024

6. Honor Magic 6 Pro

Setelah mengadakan debutnya di Tiongkok pada awal tahun ini, Honor memperkenalkan Magic 6 Pro. Mulai 1 maret 2024 dengan harga Rp21,9 juta untuk RAM 12GB dengan penyimpanan 512GB, ponsel ini sudah dapat dibeli di tempat distributor resmi. 

Selain itu, Honor juga akan menawarkan Porsche Design Magic V2 RSR, yang akan dibanderol dengan harga €2.699 (sekitar Rp45,6 juta) untuk varian RAM 16GB dan penyimpanan 1TB.

7. Xiaomi 14 dan 14 Ultra

Pada MWC tahun ini Xiaomi tidak tinggal diam. Xiomi akan merilis dua seri ponsel terbaru mereka, yaitu Xiaomi 14 dan 14 Ultra. Kedua ponsel ini akan tersedia dengan harga mulai 16-25 jutaan untuk kedua tipe tersebut. 

Baca juga : Zephyrus G14 dan G16, Duo Laptop ROG dengan Layar OLED Tertipis di Dunia

Model Xiaomi 14 mempunyai ukuran layar 6,36 inci dengan panel LTPO 120Hz, sementara Xiaomi 14 Ultra hadir dengan layar yang lebih besar, yaitu 6,73 inci dengan panel 120Hz 1440p. Perbedaan kedua ponsel ini juga terletak pada spesifikasi kamera, di mana Xiaomi 14 memiliki konfigurasi yang lebih sederhana dibandingkan dengan 14 Ultra, terutama dalam hal kamera utama yang berukuran 1 inci.

8. Xiaomi Pad 6S Pro

Xiaomi juga memperkenalkan tablet baru, yaitu Xiaomi Pad 6S Pro. Tablet ini menampilkan layar dengan refresh rate tinggi, mencapai 144Hz, dan dilengkapi dengan enam speaker yang mendukung Dolby Atmos. 

Ditenagai Snapdragon 8 Gen 2, Xiaomi menyatakan tablet ini dapat mengisi daya hingga 100% dalam waktu singkat berkat teknologi pengisian daya 120 watt yang dimilikinya. Selain itu, tablet ini akan dilengkapi dengan sejumlah fitur kecerdasan buatan (AI) yang akan meningkatkan pengalaman pengguna.

9. Xiaomi Watch S3

Terakhir Xiaomi memperkenalkan jam tangan pintar terbaru mereka, yaitu Watch S3. Salah satu fitur menonjolnya mengganti bezel dengan mudah. Selain itu, jam pintar ini dilengkapi dengan 180 pilihan tampilan jam yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan penampilannya.

Fitur-fitur lainnya dari jam tangan ini yang menarik perhatoan adalah adanya pelacakan olahraga musim dingin seperti ski, seluncur salju, seluncur es, dan curling. Jam tangan ini juga sudah dilengkapi dengan kontrol gerakan satu tangan dan Xiaomi Watch 2 akan hadir dengan sistem operasi smartwatch baru, yaitu Wear OS. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat