visitaaponce.com

Siapkan Ahli Data dan Perangkat Lunak, UKWMS buka Prodi Informatika

Siapkan Ahli Data dan Perangkat Lunak, UKWMS buka Prodi Informatika
Mahasiswa sedang praktek di laboratorium komputer(dok: UKWMS)

Untuk menjawab kebutuhan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) membuka Program Studi Informatika di bawah naungan Fakultas Teknik (FT).  Acara peluncuran Prodi Informatika dilaksanakan pada Jumat (8/3).

Program Informatika UKWMS memiliki 2 konsentrasi yaitu data science dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan software engineering.

Menurut Philipus Suryo Subandoro, selaku Kepala Pusat Data dan Informasi sekaligus dosen di Informatika UKWMS, kecerdasan buatan (AI) dibutuhkan untuk bisa mengambil serta mengolah data-data besar tersebar di internet. Dengan AI, data-data tersebut bisa dikumpulkan sesuai kebutuhan dan menghasilkan pengetahuan yang baru.

Baca juga : Bersama Digital Data Centres Raih Penghargaan dari Uptime Institute

Sedangkan “Software engineering, kata dia, mempelajari bagaimana cara kita membuat program yang sesuai dengan proses bisnis perusahaan sehingga dapat meningkatkan kualitas, efisiensi, dan rescalable software pada perusahaan.

Philipus mengatakan, kinerja AI berbasis pada data yang terkumpul sehingga bisa terpengaruh oleh bias yang dimiliki oleh penyedia data. “Untuk itu, di Informatika UKWMS penting bagi kami untuk menyediakan parameter yang bisa membantu menghasilkan AI yang lebih aman. Misalnya, dengan berinovasi untuk membuat alat detektor yang mampu membedakan karya seni manusia dan kecerdasan buatan,” ujarnya, seperti tertera dalam keterangan resmi pihak kampus.

Perkuliahan Informatika akan diselenggarakan secara reguler di Kampus UKWMS Kalijudan, tepatnya di Fakultas Teknik. Program studi baru ini dilengkapi laboratorium komputer dengan spesifikasi terbaru untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Selain itu, UKWMS juga sudah mempersiapkan kerja sama dengan berbagai pihak dari dalam dan luar negeri.

Bergabungnya para ahli yang menguasai bidang informatika serta berkecimpung langsung dalam proses pendidikan di UKWMS, diharapkan membuat sivitas kampus kian maju dalam hal aplikasi teknologi. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat