visitaaponce.com

Melihat Detail Otak Manusia lewat MRI Tercanggih di Dunia, Bagaimana Bentuknya

Melihat Detail Otak Manusia lewat MRI Tercanggih di Dunia, Bagaimana Bentuknya?
Teknologi MRI tercanggih mampu memperlihatkan gambaran otak manusia(AFP)

MAGNETIC Resonance Imaging atau yang biasa disebut MRI, memungkinkan peneliti untuk melihat detail otak manusia dengan tingkat presesi baru.

Desain yang dimiliki oleh MRI canggih ini merupakan hasil penelitian selama dua dekade yang dilakukan oleh kemitraan antara insinyur Perancis dan Jerman. Salah satu tujuan utama pemindai canggih ini adalah untuk merekam bentuk otak manusia dengan presisi tinggi. 

Pemindaian tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan lebih jauh mengenai penyakit otak yang menimpa manusia dan area mana yang diaktifkan ketika otak melakukan tugas tertentu.

Baca juga : Terjebak Kemacetan Berisiko Kerusakan Otak

Peneliti dari Komisi Energi Atom dan Energi Alternatif Prancis (CEA) pertama kali menggunakan mesin tersebut untuk memindai labu pada tahun 2021. Otoritas kesehatan, pada tahun ini baru memberikan lampu hijau untuk melakukan pemindaian pada manusia.
 
Menurut beberapa sumber, medan magnet yang dihasilkan pemindai ini adalah  11,7 tesla. Performa tersebut memberikan kemungkinan pada mesin untuk memindai gambar dengan pengukuran 10 kali lebih tinggi dibandingkan MRI yang biasa digunakan di rumah sakit, yang dimana biasanya hanya memiliki kekuatan tidak lebih dari 3 tesla.

Para peneliti mesin tersebut, berharap kekuatan pemindai ini juga dapat menjelaskan mekanisme yang sulit dipahami di balik penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer, atau kondisi gangguan kejiwaan seperti depresi dan skizofrenia.

Kemampuan pemindai ini diketahui memungkinkannya melihat detail otak yang sebelumnya hampir tak terlihat. Namun, alat ini tidak dimaksudkan sebagai alat diagnostik klinis, melainkan dapat memberikan  wawasan bagi rumah sakit di masa depan.

Baca juga : RS Abdi Waluyo Sediakan Water Vapor Theraphy untuk Pembesaran Prostat Jinak

Pengetahuan yang diperoleh dari temuan ini akan membantu dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit otak dengan lebih baik di masa depan.

Sementara itu, Amerika Serikat dan Korea Selatan juga sedang mengembangkan mesin MRI yang sama kuatnya, meski mereka belum mulai memindai pada manusia.

Sekadar informasi, MRI (magnetic resonance imaging) adalah pemeriksaan organ tubuh dengan menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio. Tes ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran organ, tulang, dan jaringan di dalam tubuh secara detail. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat