visitaaponce.com

Peserta Program Ready4Security Kompetisi U-Connect Berhasil Rancang Solusi Keamanan Siber

Peserta Program Ready4Security Kompetisi U-Connect Berhasil Rancang Solusi Keamanan Siber
Kelompok Gajah Terbang (Dari kiri ke kanan: Zalfa Destian Ramadhani, Putri Ayu Manurung, dan Rizki Nurul F.)(MI/HO)

TIGA mahasiswa Indonesia, masing-masing dari Institut Teknologi Del, Universitas Semarang, dan Universitas Perjuangan Tasikmalaya, yang tergabung dalam kelompok Gajah Terbang, berhasil keluar sebagai juara pertama U-Connect 2024. 

U-Connect merupakan kompetisi keamanan siber yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Microsoft Indonesia, dan InfraDigital Foundation, sebagai bagian dari program pelatihan Ready4Security Indonesia.

Kemenangan ini diraih setelah solusi keamanan siber yang mereka integrasikan menggunakan teknologi sistem keamanan Microsoft di laboratorium virtual keamanan siber berhasil mendeteksi dua skenario ancaman siber selama proses demo simulasi. 

Baca juga : Pelaku Bisnis Harus Prioritaskan Keamanan Siber untuk Lindungi Aset

Skenario pertama yaitu serangan brute force terhadap Kerberoast, suatu teknik serangan ketika penyerang mencoba banyak kata sandi berbeda terhadap suatu akun secara sangat cepat, dengan harapan menemukan kecocokkan.

Sementara itu, skenario kedua adalah serangan Rozena Malware, yaitu backdoor malware yang menggunakan fileless untuk menanamkan remote shell ke sistem atau perangkat. 

Hasilnya, solusi yang mereka kembangkan mampu melindungi lingkungan jaringan yang terdiri dari dua sistem, yaitu Linux dan Windows Server, dengan mereka menggunakan Linux untuk melakukan skenario percobaan serangan terhadap Windows Server.

Baca juga : Kasus Serangan Siber, Strategi Perlindungan, SDM, dan Regulasi Keamanannya

Putri Ayu Manurung, salah satu anggota kelompok yang memenangkan kompetisi ini bersama dengan Rizki Nurul F. dan Zalfa Destian Ramadhani mengatakan, “Dengan berpartisipasi di Ready4Security dan U-Connect, saya jadi tahu lebih luas tentang dunia keamanan siber dan pentingnya keamanan siber dalam segala aspek. Saya juga jadi terdorong untuk berkarier di bidang keamanan siber ke depannya.”

Sejak diluncurkan pada Mei 2023, program Ready4Security telah melatih 1.750 lebih peserta, yang terdiri dari siswa SMK, mahasiswa tingkat akhir, dan alumni muda SMK serta Perguruan Tinggi dari berbagai daerah di Indonesia, untuk meningkatkan keterampilan, daya saing, produktivitas, dan profesionalisme di bidang keamanan siber. 

Dari ribuan peserta, sebanyak 124 di antaranya yang terbagi ke dalam 33 kelompok mendaftarkan diri untuk mengikuti kompetisi U-Connect. Angka ini mengindikasikan tingginya minat dan komitmen para peserta terhadap topik keamanan siber.

Baca juga : Komisi I DPR RI Jajaki Potensi Kerja Sama Bidang Keamanan Siber dengan Australia

Microsoft Philanthropies Lead untuk ASEAN Supahrat Juramongkol menyampaikan, “Mengutip data yang pernah disampaikan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Indonesia merupakan negara dengan nilai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Guna mengakselerasi pertumbuhan nilai ini secara lebih jauh lagi demi kesejahteraan bersama, setiap orang pertama-tama perlu menaruh kepercayaan pada teknologi itu sendiri. Di sinilah keamanan siber, yang menjadi fondasi kepercayaan kita terhadap teknologi, memegang peranan penting. Melalui program Ready4Security dan kompetisi U-Connect, kami bangga menyaksikan komitmen dan pertumbuhan talenta Indonesia di industri keamanan siber.”

Pelatihan dan praktik keamanan siber sangat penting karena lanskap ancaman siber kian berkembang dan merugikan pada skala besar. 

Pada 2023 saja, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatatkan lebih dari 403 juta trafik anomali serangan siber di Indonesia. Di saat bersamaan, talenta profesional keamanan siber secara global belum mencukupi. 

Baca juga : Paris Bersiap Hadapi Serangan Siber Selama Olimpiade 2024

Menurut ISC2 Cybersecurity Workforce Study 2023, masih dibutuhkan sedikitnya empat juta profesional di bidang keamanan siber untuk melindungi aset digital6.

Chairman InfraDigital Foundation Muhammad Rofi menyampaikan, “Kami berharap dengan adanya event U-Connect yang diselenggarakan dalam rangka Ready4Security ini dapat membuka jalan bagi talenta yang kami latih bisa terserap di dunia industri, dengan adanya bekal sertifikasi dan pengalaman dari dunia industri diharapkan peserta bisa terus mengembangkan karir di bidang keamanan siber ke depannya.”

Selain juara pertama, kompetisi U-Connect juga memberikan apresiasi kepada Raditya Perwira Putra dari SMKN 8 Semarang jurusan Teknik Keamanan Jaringan, yang berhasil menjadi best performance berkat kemampuan presentasinya di babak final. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat