visitaaponce.com

BNI Bantu UMKM Kopi Tembus Pasar Amerika

BNI Bantu UMKM Kopi Tembus Pasar Amerika
Pelaku UMKM Tanah Air mengikuti Specialty Coffee Expo 2024 di Chicago, Amerika Serikat.(BNI)

PT Bank Negara Indonesia (BNI) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia menuju pasar dunia. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi dalam pameran kopi terbesar di Amerika Serikat, Specialty Coffee Expo 2024, yang berlangsung di Chicago dari 12 hingga 14 April 2024.

Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan keikutsertaan BNI merupakan bagian dari semangat dan misi go global yang diusung perseroan. Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi negara pengekspor kopi. Beragam kopi dari Sabang sampai Merauke menjadi nilai plus bagi Indonesia untuk menawarkan komoditas ini ke pasar internasional.

"Amerika Serikat merupakan salah satu negara tujuan ekspor kopi Indonesia. BNI melihat peluang dan potensi besar ini untuk membantu UMKM kopi Indonesia menembus pasar Amerika,” ujar Corina melalui keterangan tertulis, Selasa (16/4).

Baca juga : Sambut Hari Kopi Dunia, Dekopi Siap Gelar 'Gerakan Fair Trade Nasional' di Medan

Dalam pameran tersebut, BNI Xpora yang merupakan inkubator UMKM BNI, membawa dua produk kopi specialty UMKM binaannya, yaitu Kopi Bajawa dan Kopi Lampung. Kedua produk ini telah melalui kurasi yang dilakukan melalui koordinasi dengan kantor Atase Perdagangan KBRI Washington DC dan  Specialty Coffee Association Indonesia (SCAI) untuk memastikan kualitasnya dan layak dipasarkan di Amerika Serikat.

“BNI Xpora berkomitmen untuk membantu UMKM kopi Indonesia dalam meningkatkan daya saing dan menembus pasar internasional. Keikutsertaan di Specialty Coffee Expo 2024 ini diharapkan dapat membuka peluang bagi UMKM kopi binaan kami untuk mendapatkan buyer baru dan meningkatkan volume transaksi ekspor,” tambah Corina.

Specialty Coffee Expo 2024 merupakan pameran kopi terbesar di Amerika Utara. Diperkirakan, 20 ribu pengunjung hadir dalam pameran tersbeut. Sebagian besar merupakan calon pembeli potensial. Acara itu juga menghadirkan berbagai workshop, lectures, penghargaan, kompetisi kopi, dan sesi tasting kopi.

“BNI optimis bahwa keikutsertaan di Specialty Coffee Expo 2024 ini dapat memberikan manfaat besar bagi UMKM kopi binaan BNI. Kami akan terus mendukung UMKM kopi Indonesia untuk meningkatkan kualitas produk dan daya saingnya, sehingga dapat bersaing di pasar global,” pungkas Corina. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat