visitaaponce.com

Bukan Sekadar Sehat, 5 Makanan Ini Juga Ramah Lingkungan

Bukan Sekadar Sehat, 5 Makanan Ini Juga Ramah Lingkungan
Sejumlah petani memanen kentang di perladangan kawasan dataran tinggi Dieng, Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah(ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Gaya hidup sehat semakin diminati banyak orang, termasuk di Indonesia. Namun, untuk memaksimalkan perubahan gaya hidup yang lebih positif, memilih bahan makanan yang lebih ramah lingkungan bisa menjadi pilihan.

Seperti dilansir dari www.onegreenplanet.org, berikut ini lima bahan makanan yang tak hanya sehat, tetapi juga ramah lingkungan.

1.Kacang Polong

Kacang polong memiliki sifat alamiah mengikat nitrogen ke dalam tanah tempat mereka tumbuh. Sifat itu akan menghilangkan kebutuhan tanah akan tambahan nutrisi dari pupuk untuk menjaga kesuburannya. Selain itu, setelah kacang polong dipanen, tanah akan menjadi lebih kaya nutrisi dan siap kembali menjaid tempat bercocok tanam.

Tanaman kacang polong juga tidak membutuhkan banyak air untuk menjaga kesuburannya. Cukup tanam di tempat yang sejuk dan kesuburan tanaman kacang polong akan terjaga dengan baik.

2.Tomat

Tomat yang ditanam secara organik hanya meninggalkan jejak karbon yang minim. Selain itu, tanaman ini juga memiliki sistem akar yang cukup dalam. Hal itu membuat tomat secara alami akan bisa menjaga kelembapan dengan baik dan tidak memerlukan banyak tambahan asupan air. Sangat membantu bagi lingkungan yang sedang kekeringan dan kesulitan air bersih.

3.Brokoli

Proses penanaman brokoli sangat mudah dan tidak membutuhkan usaha berlebihan seperti menggunakan pupuk sintetis. Hal itu membuat brokoli dapat menjadi opsi yang baik bila ingin mengonsumsi pangan sehat yang tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

4.Kentang

Tanaman kentang dapat menghasilkan pestisida alami dan sifat antijamur. Karena itu menanam kentang sangat mudah dilakukan secara organik dan tidak membutuhkan pupuk sintetis.  Kentang juga tidak membutuhkan banyak air selama prosesnya bertumbuh. Selain itu, kentang juga merupakan salah satu pangan alami yang dapat bertahan tanpa pengawet atau pendingin dalam waktu panjang.

5.Kacang merah

Kacang merah merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik yang ada di bumi. Proses penanaman kacang merah juga sangat rendah emisi dan jejak karbon. Memilih kacang merah sebagai alternatif pengganti daging merah dapat menjadi opsi terbaik untuk menjaga kesehatan dan lingkungan di waktu bersamaan. (M-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat