visitaaponce.com

Riset ini Temukan Kaitan Pestisida dengan Penyakit Ginjal Kronis

Riset ini Temukan Kaitan Pestisida dengan Penyakit Ginjal Kronis
Pestisida ditengarai berkaitan dengan penyakit ginjal kronis.(123RF )

Pestisida yang kerap kali digunakan secara umum untuk pertanian telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal kronis atau chronic kidney disease (CKD) dalam sebuah penelitian di University of Queensland (UQ).

Para peneliti menganalisis hubungan antara paparan pestisida dan risiko disfungsi ginjal pada 41.847 orang, berdasarkan data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional AS (NHANES).

Associate Professor School of Public Health, Nicholas Osborne mengatakan studi tersebut menemukan orang yang terpapar insektisida Malathion-- insektisida untuk membunuh hama seperti serangga, jamur, atau gulma-- dalam jumlah yang lebih tinggi, yang dikenal sebagai Maldison di Australia, memiliki risiko disfungsi ginjal 25 persen lebih tinggi.

Malathion/Maldison dilisensikan untuk digunakan di bidang pertanian, area rekreasi domestik dan publik untuk pemberantasan nyamuk dan lalat buah dan juga dapat ditemukan di beberapa perawatan kutu kepala.

"Hampir satu dari 10 orang di negara berpenghasilan tinggi menunjukkan tanda-tanda CKD, yaitu kerusakan ginjal permanen dan hilangnya fungsi ginjal," kata Dr Osborne, seperti dikutip dari sciencedaily.com, Kamis (14/10).

Faktor risiko mengembangkan CKD termasuk usia, hipertensi dan diabetes. Dr Osborne mengatakan CKD tanpa penyebab yang diketahui meningkat di negara-negara berpenghasilan rendah hingga menengah seperti India, Sri Lanka dan Mesoamerika.

"Awalnya, diduga kondisi tersebut terkait dengan tempat kerja pertanian melalui paparan tekanan panas, dehidrasi, penyemprotan pestisida, logam berat dan bahan kimia pertanian," kata Dr Osborne.

"Namun, pencemaran lingkungan, residu pestisida dan obat-obatan herbal yang berpotensi mengandung logam berat juga dapat berkontribusi terhadap CKD," lanjutnya.

Penyebab peningkatan CKD masih belum diketahui tetapi penyemprotan pestisida tanpa alat pelindung diri (APD) dan bekerja di tanah yang terkontaminasi sebagai jalur paparan yang mungkin.

Lebih lanjut, dia juga mengutarakan jika studi UQ adalah yang pertama memberikan bukti yang menghubungkan Malathion dengan risiko kesehatan ginjal yang buruk pada manusia.

"Temuan ini menyarankan kita harus membatasi paparan pestisida, bahkan dalam dosis yang sangat kecil, karena paparan kronis dapat menyebabkan hasil kesehatan yang negatif," kata Dr Osborne.

"Kami akan terus menyelidiki apakah pestisida lain mungkin terlibat dan berencana untuk mengumpulkan data tentang perilaku petani Sri Lanka untuk memeriksa tingkat keterpaparan mereka saat menggunakan pestisida di lapangan," lanjutnya. (Sciencedaily/M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat