visitaaponce.com

Populasi Manusia Genap 8 Miliar di Bulan November

Populasi Manusia Genap 8 Miliar di Bulan November
infografis populasi manusia dunia dari PBB(Dok. un.org)

Sejak kemunculan manusia pertama populasi manusia terus mengalami kenaikan. Tahun demi tahun jumlahnya terus meningkat meski melewati berbagai hal seperti pandemi, peperangan, hingga bencana. Di bulan November tahun 2022 ini, populasi manusia di bumi jumlahnya diproyeksikan akan mencapai 8 miliar orang.

Proyeksi jumlha manusia tersebut dirilis oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Angkanya diyakini akan menyentuh 8 miliar pada tanggal 15 November 2022. Ini merupakan sebuah tonggak sejarah dalam kehidupan manusia.

Pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini merupakan hasil dari tingkat kesuburan dan kelahiran yang tinggi dan terus-menerus di beberapa negara. Selain itu, faktor peningkatan seperti bertahap dalam umur manusia karena perbaikan kesehatan masyarakat, nutrisi, kebersihan pribadi, dan ketersediaan obat-obatan juga mempengaruhi bertambahnya populasi.

Negara dengan tingkat kesuburan tertinggi cenderung menjadi negara dengan pendapatan per kapita terendah. Oleh karena itu, pertumbuhan populasi global dari waktu ke waktu menjadi semakin terkonsentrasi negara-negara termiskin di dunia, yang sebagian besar berada di Afrika sub-Sahara.

"Di negara-negara itu, pertumbuhan penduduk yang cepat dan berkelanjutan dapat menggagalkan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), yang tetap merupakan jalur terbaik dunia menuju masa depan yang bahagia dan sehat," ujar Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, seperti dilansir dari laman resmi PBB, Jumat (11/11).

Dilansir dari Science Alert, dalam data World Bank tahun 2021, populasi manusia sudah di angka 7,837 miliar orang. Jumlah ini tentu berbeda jauh dengan kemunculan manusia pertama di Afrika lebih dari 2 juta tahun yang lalu. Angka pertumbuhan populasi global meningkat dari 7 miliar menjadi 8 miliar hanya dalam waktu 12 tahun saja.

Akan tetapi, ilmuwan memperkirakan setelah melewati angka 8 miliar peningkatan pertumbuhan keseluruhan populasi global akan melambat. Jumlahnya baru akan meningkat jadi 9 miliar dalam waktu 15 tahun atau pada tahun 2037.

(M-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat