visitaaponce.com

Gletser Mencair, Ratusan Ribu Ton Mikroba Beku Kembali Hidup

Gletser Mencair, Ratusan Ribu Ton Mikroba Beku Kembali Hidup
Peneliti sambangi gletser di kawasan Eropa dan Amerika Utara(Dok. Arwyn Edwards/Tristram Irvine-Fynn, Aberystwyth University)

Ratusan ribu ton mikroba telah kembali hidup pasca melelehnya sejumlah besar gletser dalam beberapa tahun terakhir. Kebanyakan merupakan mikroba yang telah hidup puluhan hingga ratusan tahun lamanya.

Fakta tersebut diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari Aberystwyth University di Wales, Inggris. Dari penelitian tersebut juga diketahui jenis-jenis mikroba unik yang sebelumnya tak pernah ditemukan muncul pasca melelehnya gletser dalam jumlah masif akibat perubahan iklim.

"Kita semua bisa melihat gletser meleleh dengan sangat cepat akhir-akhir ini. Dampaknya pada kemunculan mikroba-mikroba sangat signifikan. Massa mikroba yang dilepaskan sangat besar, bahkan dalam kondisi suhu yang terlalu panas sekalipun," ujar salah satu peneliti, Arwyn Edwards, dilansir dari theguardian.com, Jumat, (18/11).

Edwards mengatakan, penelitian mereka lakukan dengan mengumpulkan sampel lelehan es dari delapan area gletser di Eropa, Amerika Utara, dan Greenland. Hasilnya diketahui terdapat puluhan ribu mikroba dalam setiap mililiter air lelehan gletser tersebut.

Dikatakan Edwards, temuan mikroba-mikroba baru membuka peluang temuan-temuan lain. Baik yang menguntungkan seperti antibiotik maupun yang merugikan seperti potensi penyakit.

"Tapi saat ini kami masih membutuhkan lebih banyak data untuk menyimpulkannya," ujar Edwards.

Sementara itu, berbagai penelitian lain yang juga membahas soal mikroba di lelehan gletser juga menyebutkan berbagai potensi keuntungan dan kerugian dari kondisi tersebut. Sebuah penelitian yang dilakukan sekelompok peneliti di danau Hazen, Kanada, menyebutkan terdapat potensi besar kemunculan penyakit baru akibat berbagai virus baru yang muncul dari lelehan es di sana.

Disebutkan Edwards, ratusan ribu ton mikroba berpotensi untuk muncul setiap tahunnya seiring dengan pemanasan global yang tak terkendali. Mikroba-mikroba tersebut mampu bertahan hidup hingga ratusan tahun dalam kondisi beku. Melelehnya habitat beku mereka membuat mereka dapat menyebar ke permukaan lain.

(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat