visitaaponce.com

Jangan Panik, Ini yang Bisa Dilakukan saat Mimisan

Jangan Panik, Ini yang Bisa Dilakukan saat Mimisan
Ilustrasi mimisan(MI/Ramdhani)

Mimisan atau kondisi pendarahan dari hidung memang bisa membuat orang yang mengalami atau melihatnya jadi panik. Apalagi jika mimisan berlangsung tiba-tiba, lama, dan mengeluarkan darah dalam volume banyak. Biasanya durasi mimisan adalah antara beberapa detik hingga lima menit

Mimisan dapat terjadi sebagai gejala trauma atau luka di bagian hidung. Bisa juga karena udara di sekitar terlalu kering. Faktor-faktor tersebut dapat membuat pembuluh darah halus di bagian dalam hidung pecah.

Kendati tidak berbahaya, mimisan yang bertahan hingga waktu yang terlalu lama dapat menandakan gejala suatu penyakit. Bahkan, dapat menyebabkan anemia. Apabila mengalami mimisan berkepanjangan, segera konsultasikan kepada dokter atau tenaga kesehatan yang ada.

Baca juga: Ini Penyebab Mimisan dan Cara Agar tidak Kambuh Lagi

Jika Anda mengalami mimisan normal, darah yang keluar pada hidung sebenarnya akan berhenti dengan sendirinya. Namun, untuk mencegah darah keluar lebih banyak, berikut adalah pertolongan pertama yang bisa anda lakukan pada saat mengalami mimisan dilansir dari clevelandclinics.org, Kamis, (0/3).

Baca juga: Mimisan Pada Anak, Apa Yang Harus Dilakukan?

1. Tegakkan badan Anda, dan berada dalam posisi duduk. Hal ini untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah, agar darah tidak keluar lebih banyak.

2. Biarkan darah keluar dengan sendiri, dengan mencondongkan badan dan hidung ke depan. Hal ini, untuk menghindari darah masuk ke aliran pernapasan.

3. Anda dapat menekan atau memencet hidung selama beberapa menit, seraya bernapas melalui mulut.

4. Anda dapat mengompres pangkal hidung untuk mengurangi pendarahan.

Pasca mimisan, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang berisiko memperparah cedera pada hidung bagian dalam seperti mengupil, membuang ingus, dan aktivitas berat yang bisa memacu tekanan darah. Hal ini untuk mencegah mimisan kembali terjadi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat