visitaaponce.com

Hati-hati Ikuti Tren Perawatan Kulit yang Viral di TikTok

Hati-hati  Ikuti Tren Perawatan Kulit yang Viral di TikTok
Ilustrasi(Ist)

Tak jarang tren di media sosial mudah menyebar dan ditonton oleh ribuan bahkan jutaan orang. Tren tersebut pun bahkan diikuti oleh pengguna media sosial lainnya. Salah satunya ialah tren perawatan kulit (skincare) yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok @dieg.13.

Postingan videonya yang diunggah beberapa waktu lalu tersebut berisi aktivitas perawatan kulit yang ia lakukan dengan alat dan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah. Ia menjelaskan bahwa rutinitasnya tersebut membuat wajahnya berkilau. Berikut beberapa tindakan yang ia lakukan untuk membuat wajah lebih bersinar. 

Baca juga : Kiat Tetap Tampil Segar dan Glowing Selama Puasa

1. Eksfoliasi wajah dengan spons cuci piring

Dalam video yang sudah ditonton jutaan orang tersebut, dia melakukan aktivitas eksfoliasi wajah. Eksfoliasi wajah ialah perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit.

Dia melakukan eksfoliasi wajah menggunakan spons cuci piring yang masih baru. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter Arthur S mengatakan penggunaan spons tersebut dapat merusak kulit wajah.

"Tapi misalnya (spons) baru dan bersih pun, menggunakan sabut seperti ini terlalu kasar untuk kulit dan alih-alih mengeksfoliasi, malah bisa merusak kulit," kata dokter Arthur dalam Instagram pribadinya @dokterkulitkucom, Selasa (12/4).

"Mau eksfoliasi? Chemical peeling aja, rajin-rajin pakai Night Rejuvenating Cream, atau pakai bahan aktif lain yang memang bisa menyebabkan kulit mati terangkat dengan baik dan benar," lanjutnya.

2. Odol dijadikan krim wajah

Tak hanya itu, pengguna TikTok tersebut juga menggunakan odol untuk membersihkan hidungnya. "Hidung memang sering bikin gemes tuh dengan lemak-lemak komedo. Tapi biarkan sikat gigi tetap untuk gigi aja," ungkap dokter Arthur.

Sebab menggunakan pasta gigi untuk kulit wajah dapat memicu peradangan. Bahan-bahan kimia seperti sorbitol, kalsium karbonat, sodium lauryl sulfate, maupun baking soda merupakan bahan-bahan yang terlalu keras untuk kulit wajah. Terlebih lagi, jika pasta gigi diaplikasikan pada kulit wajah yang sensitif.

3. Hair dryer untuk mengeringkan wajah

Untuk mengeringkan pemakaian produk skincare, pengguna TikTok tersebut menggunakan hair dryer. Dokter Arthur memperingatkan bahwa hal tersebut dapat merusak kulit akibat suhu panas dari hair dryer.

"Pemakaian hair dryer di rambut aja kalau terlalu sering dan terlalu panas bisa merusak rambut. Apalagi di muka. Sabar aja nunggu skincare kamu menyerap. Atau kalau mau buru-buru banget, dikipasin aja," ungkapnya.

Ada banyak konten "life hack" yang tersedia dan menjanjikan hasil yang bagus dengan waktu yang cepat di media sosial. Tapi Anda perlu bijak memilah konten yang baik dan tidak berbahaya untuk diikuti.

"Tidak semua yang ada di internet itu benar adanya. Jadi jangan sembarangan diikuti kalau tidak mau nyesel belakangan," dokter Arthur mengingatkan. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat