visitaaponce.com

Kurangi Emisi CO2, Prancis Setop Penerbangan Domestik Jarak Pendek

Kurangi Emisi CO2, Prancis Setop Penerbangan Domestik Jarak Pendek
Maskapai Air France(AFP/LISELOTTE SABROE)

PRANCIS melarang penerbangan domestik dengan jarak pendek yang bisa digantikan dengan transportasi kereta api. Hal ini disebut sebagai upaya mengurangi emisi karbon.

Larangan tersebut dibahasakan dalam undang-undang dan mulai berlaku dua tahun usai anggota parlemen memilih untuk menyetop penerbangan jarak pendek domestik yang dapat digantikan dengan kereta api dalam waktu kurang dari 2,5 jam.

Rute perjalanan yang disetop itu antara Paris dan kota-kota, seperti Nantes, Lyon dan Bordeaux, sementara penerbangan transit tidak terpengaruh.

Kepala Interim Industri Airlines for Europe (A4E) Laurent Donceel mengatakan pelarangan ini hanya memberikan dampak kecil. Ia menyarankan pemerintah seharusnya berkonsentrasi pada solusi nyata dan signifikan untuk persoalan emisi karbon.

Maskapai di seluruh dunia sangat terpukul oleh pandemi virus korona. Mengacu pada situs web Flightradar24, jumlah penerbangan tahun lalu turun hampir 42% dari 2019.

Sementara, Pemerintah Prancis menghadapi seruan untuk memperkenalkan aturan yang lebih ketat.

Baca juga: Emisi Karbon Indonesia Paling Rendah Kedua di ASEAN

Konvensi Warga Prancis soal Iklim, yang dibuat oleh Presiden Emmanuel Macron pada 2019 dan melibatkan 150 anggota masyarakat, mengusulkan penghapusan perjalanan pesawat yang bisa digantikan oleh kereta api dengan waktu tempuh di bawah 4 jam. Akan tetapi, persyaratan waktu tempuh diubah menjadi 2,5 jam karena adanya keberatan dari beberapa daerah dan maskapai Air France serta KLM.

Kelompok konsumen Prancis UFC-Que Choisir sebelumnya meminta anggota parlemen untuk mempertahankan batas waktu empat jam.

“Rata-rata, pesawat mengeluarkan CO2 77 kali lebih banyak per penumpang daripada kereta api di rute-rute tersebut, padahal kereta api lebih murah dan waktu yang hilang dibatasi hingga 40 menit,” ujarnya.

Pun menyerukan adanya perlindungan bahwa SNCF (kereta api nasional Prancis) tidak akan mengambil kesempatan untuk menaikkan harga secara artifisial atau menurunkan kualitas layanan kereta api.(BBC/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat